Friday , April 26 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Bappeda Kampar LO Kafilah Bengkalis

Bappeda Kampar LO Kafilah Bengkalis

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar ikut berpartisipasi dalam MTQ Riau ke-38 di Kabupaten Kampar sebagai LO (Liaison Officer) Kafilah Kabupaten Bengkalis.

Tugas LO yang dilakoni keluarga besar Bappeda sudah dimulai saat menyambut kedatangan kafilah Bengkalis di pemondokan (penginapan) di desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang, Jumat (22/11/19). Panitia sudah menyediakan lima unit rumah di Muara Uwai untuk pemondokan kafilah Bengkalis.

Kafilah Bengkalis tiba di pemondokan, Jumat (22/11/19) pukul 18.00 Wib. Kedatangan kafilah Bengkalis yang dipimpin ketua rombongan Hambali (Kabag Kesra Setda Bengkalis) disambut Sekretaris Bappeda Kampar M. Fadli Mukhtar mewakili Kepala Bappeda Afrizal bersama Kabid, Kasubbid dan Kasubbag dilingkup Bappeda Kabupaten Kampar.

Bappeda selaku LO saat itu, memastikan seluruh anggota kafilah Bengkalis mendapat tempat dan konsumsi. Ketua rombongan Kafilah Bengkalis Hambali, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kampar dan khususnya Bappeda selaku LO yang telah menyambut mereka dengan baik.

“Terimakasih bapak-bapak yang telah menyambut dan menerima kami disini,” ujar Hambali.

Selanjutnya sesuai jadwal, pada Sabtu (23/11/19) pukul 15.00. Wib, dilaksanakan penyambutan kafilah secara resmi oleh pemerintah Kabupaten Kampar digedung Mahligai Bungsu Bangkinang. Untuk kafilah Bengkalis disambut oleh Kepala Bappeda Kampar Afrizal selaku penanggungjawab LO Kafilah Bengkalis beserta keluarga besar Bappeda Kampar.

Proses penyambutan diiringi musik gubano dan pencak silat. Selanjutnya Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal selaku penanggung jawab LO kafillah Bengkalis mengalungkan bunga kepada ketua kafilah Jumari yang juga Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Bengkalis dihalaman gedung dan selanjutnya seluruh anggota kafilah masuk kedalam gedung Mahligai Bungsu mengikuti acara penyambutan.

Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal pada kesempatan tersebut menyampaikan sambutan tertulis Bupati Kampar. Dalam sambutannya Afrizal menyampaikan bahwa atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kampar mengucapkan selamat datang kepada kafilah Bengkalis di kota Bangkinang.

Afrizal menyampaikan apresiasi atas keikut sertaan Kabupaten Bengkalis pada MTQ tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar.

Disampaikan Afrizal bahwa Musabaqah Tilawatil Quran adalah momentum yang sangat tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat islam. “Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun ini bukan hanya sekedar untuk mendulang prestasi, namun yang lebih utama adalah syiar dan dakwah untuk menjadikan. Al Quran sebagai pedoman dan nafas kita, ” ujar Afrizal.

Pada pelaksanaan MTQ ini Pemerintah Kabupaten Kampar telah menyiapkan rumah rumah yang akan dijadikan penginapan bagi kafilah, akomodasi, konsumsi dan transportasi untuk menunjang mobilitas kafilah. “Untuk itu LO akan selalu mendampingi kafilah selama kegiatan berlangsung, ” ujarnya.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Kampar akan memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Kampar yang bisa dikunjungi oleh kafilah apabila ada kesempatan. Diantaranya, Mesjid Jamik. Air Tiris,
Tepian Mahligai, Danau Rusa Ulu Kasok yang mirip Raja Ampat, Sungai Gulamo, Candi Muara Takus dan beberapa objek wisata lainnya.

Sementara itu ketua kafilah Bengkalis
Jumari menyampaikan bahwa pada MTQ tingkat Provinsi Riau yang ke-38 ini, Kabupaten Bengkalis mengikutsertakan 55 peserta, 22 orang official dan pelatih. “Target kami akan mencapai prestasi dengan motto Raih Prestasi Harumkan Negeri”.

Disampaikan Jumari, setiap penyelenggaraan MTQ, Kafilah Bengkalis selalu istiqomah membawa anak-anak watan Bengkalis.

“Kami yakin dan percaya jika anak anak watan diberi kesempatan dan dibina sebaik-baiknya akan mampu bersaing dengan kabupaten lainnya,” tandas Jumari. (rano).

print