Wednesday , May 22 2024
Home / Hukrim / Cegah Kabur ke Kampar, Polres Periksa Semua Kendaraan yang Lewati Perbatasan

Cegah Kabur ke Kampar, Polres Periksa Semua Kendaraan yang Lewati Perbatasan

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Ratusan warga binaan yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru pada Jumat (5/5/2017) siang, tidak tertutup kemungkinan akan melarikan diri ke Kabupaten Kampar. Oleh karena itu, jajaran Polres Kampar melakukan razia di sejumlah titik.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SIk mengatakan, beberapa Polsek yang ada di bawah komando Polres Kampar, melakukan razia. Ini dilakukan sebagai upaya pencarian warga binaan Rutan yang kabur.

“Jajaran Polsek Siak Hulu melaksanakan razia stasioner di wilayah batas Kota Pekanbaru-Kampar. Polsek Siak Hulu
Juga melaksanakan razia di Jalan Lintas Timur Pasir Putih. Kemudian Polsek Perhentian Raja melaksanakan razia di Kampung Pinang Teratak Buluh Kecamatan Perhentian Raja,” kata Kapolres melalui pesan aplikasi seluler, Jumat (5/5).

Operasi yang dilakukan tersebut terlihat sangat ketat. Semua kendaraan diperiksa. Baik itu sepeda motor, maupun mobil. Angkutan yang diperiksa diutamakan kendaraan yang mengangkut penumpang. Semua kendaraan tersebut diberhentikan.

Setelah diberhentikan, semua penumpang yang ada di kendaraan dicek. Aparat Kepolisian mengecek identitas diri semua penumpang. Seperti salah satunya bus. Semua penumpang bus ini diperiksa. Hal ini mengantisipasi adanya tahanan yang kabur berada dalam bus itu.

Tak terkecuali juga kendaraan angkutan barang. Seperti truk. Polisi tidak hanya memeriksa bagian depan tempat penumpang. Melainkan, Polisi juga mengecek bak mobil tersebut. Sebab, bisa saja tahanan yang kabur menumpang di dalam bak mobil truk. Mobil-mobil pribadi juga dicek. Bahkan, tempat penyimpanan barang pada mobil pribadi diperiksa.

Menurut Kapolres, razia ini dilakukan sesuai perintah Kapolda Riau. Razia dilakukan terutama di pintu-pintu masuk Kabupaten Kampar seperti di daerah Teratak Buluh atau beberapa Kecamatan Siak Hulu, Tambang dan Tapung.

“Semua Polsek sudah saya perintahkan menutup tempat daerah yang bakal dijadikan daerah pelarian, khususnya di pintu masuk Kabupaten Kampar,” ujar Edy Sumardi.

Sebagaimana diketahui, pada siang Jumat (5/5), ratusan warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru kabur. Hingga saat ini, aparat Kepolisian di Riau, dikerahkan untuk melakukan penangkapan kepada para narapidana yang kabur.(def)

print