Thursday , June 13 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Sertijab Kadis Dukcapil Kampar, Sekda Tekankan Peningkatan Layanan Publik 

Sertijab Kadis Dukcapil Kampar, Sekda Tekankan Peningkatan Layanan Publik 

Bangkinang, BerkasRiau.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kampar melakukan serah terima jabatan (Sertijab) dari pejabat lama Zamzamir ke pejabat baru Muslim di halaman Kantor Disdukcapil, Selasa (25/9/18).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si yang hadir dalam acara tersebut mengapresiasi kinerja Disdukcapil yang semakin hari semakin baik dalam pelayanan.

“Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar saat ini pelayanannya semakin hari semakin sempurna, untuk itu kami memberikan apresiasi dan kami ucapkan selamat, serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang lama,” ujar Yusri.

Dikatakan Sekda, seluruh pelayanan harus dikawal dengan baik seperti rumah sakit, layanan kependudukan, PTSP, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan Camat agar masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Apalagi di Disdukcapil, hak hidup rakyat itu ada di sini, melahirkan pun kita jika tidak diakui capil belum bisa jadi warga Negara, begitulah sangat penting Disdukcapil ini, akte kelahiran, pindah datang, nikah non muslim, KTP, KK, semuanya,” tegas Yusri.

Sekda mengingatkan agar pelayan publik harus selalu ditingkat, karena dengan demikian kita bisa menjadi mulia karena dapat memberikan kemudahaan untuk mempercepat segala urusan kependudukan kepada rakyat, kepada masyarakat.

“Layani dengan baik, jika kita melihat ada yang susah untuk mengurus kependudukannya, tidak tahu prosesnya seperti apa, maka kita selaku petugas harus memberikan arahan dengan baik, datangi dan tanyakan serta berikan petunjuk sehingga mereka bisa mengerti dan tahu dengan jelas prosesnya,” ucap Sekda.

Sekda juga mengucapkan selamat kepada pejabat yang baru, mudah-mudahan serah terima jabatan hari ini menjadi momentum yang baik bagi Kabupaten Kampar dalam menjalankan pelayanan kependudukan.

“Suatu kebahagian apabila orang yang kita kaderkan jadi, pak kadis yang lama kita suruh untuk mengikuti seleksi pejabat eselon II, namun yang bersangkutan memang mengundurkan diri untuk tidak ikut seleksi maka ada beberapa orang yang ikut seleksi eseolan II Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelas Sekda Kampar.

Secara langsung atau tidak langsung, lanjut Sekda terjadi kaderisasi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, salah satu dinas tingkat Kabupaten/Kota yang SK nya Menteri, setelah Sekretaris Daerah, Bupati kemudian Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Untuk itu berbahagia lah para pejabat eselon II, III dan IV legalitasnya langsung dari menteri, dan tidak bisa dimutasikan sebagaimana pejabat biasa, sepanjang kinerja bagus maka susah menggantikannya karena butuh proses dan prosedur,” ucap Sekda.

Disisi lain Sekda mengatakan tuntutan kerja untuk memberikan pelayanan, cepat dan ramah kepada masyarakat harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Hal ini karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sudah diambil alih pusat agar kependudukan itu satu muaranya, satu rohnya diseluruh Indonesia, tidak lain terhadap produk hukum tentang kependudukan yang dikeluarkan.

“Kalau itu sudah terjadi, kita sudah bisa memastikan bahwa legalitas yang kita keluarkan sama, itulah maknanya bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menjadi satu kesatuan di seluruh Indonesia,” kata Yusri. (Hms/Rano).

print