Thursday , June 13 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Pejabat KKP Paparkan Rencana Pembangunan ICS di Koto Perambahan 

Pejabat KKP Paparkan Rencana Pembangunan ICS di Koto Perambahan 

BANGKINANG, BerkasRiau.com -Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) paparkan rencana pembangunan Integrated Cold Storage (ICS) atau Gudang Beku Terintegrasi yang akan dibangun di Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa.

Pejabat KKP, Innes, memaparkan rencana tersebut kepada Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs Yusri M.Si di ruang rapat Bupati Kampar lantai II Kantor Bupati Kampar, Minggu (15/7/18).

Dalam paparannya Innes menjelaskan bahwa Pemkab Kampar mempunyai keseriusan dan komitmen yang tinggi agar pembangunan Gudang Beku Terintegrasi (Integrated Cold Storage) yang didanai APBN berada di wilayah Kabupaten Kampar, sekaligus telah mengalahkan 7 (tujuh) Kabupaten dan Provinsi yang juga berkeinginan ICS dibangun diadaerahnya.

Selain itu juga nantinya pembangunan ini dilaksanakan oleh perusahaan rekanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yakni PT Shahnaz Swa Mandiri yang telah teruji di berbagai proyek pembangunan di Indonesia.

Innes juga mengatakan pembangunan pabrik pengolahan ikan ini nantinya diperkirakan mampu meraih Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp.850 juta pertahun dan menciptakan lapangan kerja sebanyak lebih kurang 150 orang.

Namun Innes mengharapkan dukungan bersama pemda kampar untuk mempersiap izin seperti IMB, Listrik, dan air bersih dan lainnya sehingga pembangunan tidak terkendala dan berjalan dengan tepat waktu serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. “Kita inginkan Pemda Kampar mendukungan pembangunan ini dalam hal lahan yang nanti akan dibangun clear dan clean agar dapat mempercepat proses pembangunan ini,” ucap Innes.

Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH memberikan apresiasi dan mengucapakan selamat kepada
Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten yang telah berhasil dalam merebut anggaran APBN untuk pembangunan ICS.

“Semoga pembangunan ICS ini cepat terealisasi sehingga masyarakat kampar khususnya petani ikan dapat memanfaatkan pembangunan ini untuk meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Wabup.

Wakil Bupati Kampar mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang sudah memberikan kepercayaan terhadap pembangunan pabrik pengolahan ikan di Kabupaten Kampar.

Terkait dengan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar menegaskan bahwa Pemkab Kampar sangat mendukung penuh pembangunan ICS di Kampar dan segera berkoordinasi dalam hal ini dinas PU, PDAM dan PLN serta Stakeholder terkait untuk percepatan pembangunan.

“Untuk Lahan kita sudah clear and clean, begitu juga dengan Listrik (PLN), dan air bersih (PDAM) tinggal pembangunan jalan menuju kelokasi sepanjang 300 meter, untuk itu saya meminta agar masing-masing segera berkoordinasi dan percepat pelaksanaan pembangunan ini,” tegas Sekda.

Usai pemaparan, langsung dilakukan penandatanganan penyerahan pekerjaan dari Pemda Kampar kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dan diserahkan kepada pihak Kontraktor. (hms).

print