Thursday , June 13 2024
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Sampah Acara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi Mencapai 200 Ton Perhari

Sampah Acara Bakar Tongkang di Bagansiapiapi Mencapai 200 Ton Perhari

ROHIL, BerkasRiau.com – Selama berlangsungnya even ritual bakar tongkang, volume sampah di kota Bagansiapiapi, mengalami peningkatan dua kali lipat. Sebagian besar sampah yang dihasilkan berupa kantung plastik dan botol minuman kemasan.

“Empat hari ini terjadi peningkatan produksi sampah. Volumenya dua kali lipat dari hari biasa,” terang Kepala DLH Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, Sabtu (30/6/2018) sore.

Menurutnya volume sampah yang dihasilkan meningkat hingga mencapai 200 ton per hari. Sementara, pada hari-hari biasa, volume sampah hanya mencapai setengahnya atau 100 ton per hari.

Suwandi, mengatakan telah menerjunkan petugas mencapai ratusan personel menangani di sejumlah lokasi jalan yang dilalui para wisatawan hingga ditempat acara pembakaran tongkang dan lainnya untuk mengangkut dan membersihkan sampah.

“Total petugas kebersihan saya perintahkan ada 200 orang, bertugas dengan pembagian shift kerja pagi, siang hingga malam,” jelasnya.

Selain itu, armada pengangkut sampah yang dikerahkan untuk mengangkut sampah-sampah. Ada 12 truk jenis dump dan 5 kendaraan motor box roda tiga.

“Saya harap, masyarakat membuang sampah pada tempat yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir agar tidak berserakan,” imbaunya. (ton) .

print