Sunday , April 14 2024
Home / Daerah / ROKAN HILIR / H. Suyatno Kesal ADD Belum Dicairkan

H. Suyatno Kesal ADD Belum Dicairkan

ROKANHILIR, BerkasRiau.com – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, kecewa dengan perangkat Kepenghuluan di 18 Kecamatan Kabupaten Rokqn Hilir yang belum mencairkan Alokasi Dana Desa (ADD). Kekecewaan itu disampaikan oleh Suyatno pada saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) pelaksanaan pemilihan penghulu serentak tahap II yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Desember tahun 2017.

“Dari 18 Kecamatan di Rohil masih ada sebanyak 12 Kepenghuluan hingga kini belum mengajukan pencairan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD). Padahal anggaran untuk biaya Pilpeng pemerintah kabupaten (pemkab) telah menyediakan dananya, heran saya ini ada beberapa kepenghuluan belum mengajukan laporan dan minta dana ADD ada apa ini,” ujar Suyatno, saat di Gedung Serbaguna Bagansiapiapi, Kamis (13/7/17).

Suyatno menegaskan akan memberi waktu selama satu minggu bagi penghulu yang belum mengajukan pencairan dana ADD. Dia juga sangat menyayangkan adanya datuk penghulu yang tidak mengajukan dana pencairan tersebut tentu menjadi pertanyaan masyarakat.

“Saya minta pak camat, bantu untuk menyelesaikan 12 kepenghuluan yang jelas sampai saat ini belum mengajukan dana ADD. Penghuluan mana saja tidak saya sebutkan tentu masyarakat bertanya-tanya dan dana yang telah dicairkan harus dipergunakan sesuai peraturannya jika tidak ingin berurusan dengan kepolisian maupun kejaksaan,” katanya mengingatkan.

Selain itu, Suyatno meminta agar Camat yang wilayah kepenghuluannya yang belum mengambil dana ADD agar segera melakukan koordinasi. Jika dana tersebut belum juga diambil, maka akan ada sanksi tegas kepada camat yang bersangkutan.

Masih lanjut, Suyatno mengakui belakangan ini keuangan daerah seperti morat-marit. Meski begitu, karena hal ini untuk kepentingan pembangunan daerah “Biarpun keuangan kita morat-marit, namun kami sudah melakukan diskusi bersama DPRD, tahun ini juga kita dilaksanakan,”sebutnya

Lanjut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Rohil Jasrianto, menyampaikan pada tahun 2016 lalu pilpeng serentak sukses dilaksanakan sebanyak 64 kepenghuluan/desa di Rohil. Untuk pemilihan penghulu tahap ll tahun 2017 tercatat ada 101 Kepenghuluan lagi saat ini telah diisi oleh pejabat sementara.(nton)

print