Sunday , April 14 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Kebun Kelompok Tani Kusuma dikunjungi Dinas Perkebunan

Kebun Kelompok Tani Kusuma dikunjungi Dinas Perkebunan

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Kebun sawit swadaya milik masyarakat kelompok tani Kusuma Mandiri kecamatan Tapung Hulu, mendapat kunjungan dari Dinas Perkebunan Peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten kampar. Rabu 10/05/2015.

Peninjauan yang dilakukan pihak pemerintah melalui dinas tersebut untuk mengetahui letak fisik lahan kebun swadaya masyarakat kelompok tani kusuma mandiri bebas dari kawasan hutan atau tidak, pengecekan dilakukan menggunakan GPS pengambilan titik kordinat di lokasi kebun.

Kehadiran pihak dinas tersebut dijamu oleh kelompok tani kusuma mandiri yang terdiri dari ketua wilson siregar, sekretaris Manganar M Nainggolan ,bendahara Sartoni lumban gaol dan sejumlah anggota kelompok tani dengan antusias.

Kepala seksi sarana prasarana dan pemasaran dinas perkebunan peternakan dan kesehatan hewan kabupaten kampar Nur aini .SP. MSi didampingi kasi perizinan usaha perkebunan syofian hadi S Hut mengatakan langkah selanjutnya setelah pengambilan titik kordinat kebun swadaya masyarakat maka akan diterbitkan surat tanda daftar budidaya (STDB) terhadap kebun swadaya masyarakat kelompok tani KUSUMA mandiri kecamatan tapung hulu.

Ditambahkan syofian hadi bahwa fungsi dari STDB adalah sebagai legalitas kepemilikan kebun oleh masyarakat,dan jika nantinya kebun yang tidak memiliki STDB akan dianggap ilegal, hal ini bertujuan untuk mencapai indonesia sustainable palm oil ( ISPO)

Ispo adalah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan daya saing minyak indonesia di pasar dunia dan ikut berpartisipasi dalam mengurangi gas rumah kaca serta memberi perhatian terhadap masalah lingkungan

“Penerapan ispo nantinya setiap pabrik minyak kelapa sawit ( PMKS) hanya akan membeli tandan buah segar ( TBS ) kebun sawit dari masyarakat yang jelas asal usulnya, disinilah fungsi dari stdb tersebut , hal ini diupayakan untuk mencapai program pemerintah yaitu ISPO yang nantinya mampu meningkatkan harga minyak indonesia di pasar dunia ,serta perhatian terhadap lingkungan ” terang Syofian.

selanjutnya nur aini dalam pemaparan nya kepada masyarakat kelompok tani kusuma mengatakan, pihak dinas perkebunan peternakan dan kesehatan hewan kabupaten kampar akan berupaya memfasilitasi kelompok tani tersebut dengan pihak perusahaan pabrik minyak kelapa sawit se tapung hulu untuk terciptanya kesepakatan ( MoU ) sehingga penjualan TBS masyarakat lebih terjamin dengan harga yang bersaing dan mampu ditingkatkan dari harga sebelumnya.

” dinas perkebunan peternakan dan kesehatan hewan kabupaten kampar akan berupaya memfasilitasi kelompok tani KUSUMA mandiri kecamatan tapung hulu ke perusahaan perusahaan pabrik minyak kelapa sawit di wilayah tapung hulu ini untuk terciptanya kesepakatan ( MoU ) terjaminnya pasar penjualan tandan buah sawit segar kebun masyarakat dengan harga yang bersaing ” papar Nur Aini. (lan)

print