Wednesday , May 22 2024
Home / Hukrim / Kalapas Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dicopot

Kalapas Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru dicopot

PEKANBARU, BerkasRiau.com – Kepala Lembaga Permasyarakatan (kalapas) Rumah tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Teguh Trihatmanto dicopot dari jabatannya pasca terjadinya kericuhan hingga berbuntut peristiwa kaburnya 448 orang tahanan di Rutan Sialang Bungkuk, Kota Pekanbaru Provinsi Riau pada Jumat sore kemarin.

Ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM I Wayan Kusmianta Dusak, Sabtu (6/5/2017) sore.

Selanjutnya, posisi Kepala Rutan Sialang Bungkuk akan diisi pejabat lain dalam statusnya sebagai Plh (Pelaksana Harian, red). Terkait siapa nanti yang ditunjuk untuk menggantikan Teguh, I Wayan belum mengeluarkan atau merilis namanya.

“Kepala Rutan Sialang Bungkuk Insya Allah diganti, perintahnya begitu, hari ini sudah dibuat siapa Plh-nya. Petugas juga sudah kita ganti,” jawab I Wayan.

Ia juga memastikan, kondisi Rutan sekarang ini sudah kondusif dan terkendali. Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa sejumlah petugas, yang diduga bersikap tidak semestinya. Ini juga salah satu keluhan para tahanan.

“Mereka minta petugas itu dipindahkan karena dianggap terlalu ekstrim, kalau saya inginnya diperiksa, kalau mereka punya kesalahan harus ada sanksi,” tegasnya.

Beruntung, dalam insiden ini, sebutnya tidak ada yang menelan korban, meskipun banyak fasilitas dan pintu rutan yang rusak.

“Perbaikan sudah kita lakukan, seperti adanya engsel pintu yang dirusak dan kantin di dalam,” tandasnya.

Sumber : GooRiau.com

Editor : Defrizal

print