Saturday , April 13 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Polres Kampar Siapkan Tim Bansar Antisipasi Banjir

Polres Kampar Siapkan Tim Bansar Antisipasi Banjir

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Kampar, Polres Kampar menyiapkan tim Bansar (Bantuan Search and Rescue) yang terdiri dari anggota Sat Sabhara Polres Kampar dan dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Kampar AKP Hermawan, Rabu (1/3).

Curah hujan yang tinggi menyebabkan meningkatnya debit air di bendungan PLTA Koto Panjang ini kemungkinan pihak PLTA akan melakukan pembukaan dam (pembatas) air di Waduk PLTA Koto Panjang tersebut.

Manajer PLTA Koto Panjang, Bayu menyampaikan, sampai saat ini debit air telah mencapai 80,05 mdpl masih batas normal dan apabila debit air mencapai angka 82 mdpl maka dam air tersebut akan dilepaskan,”ujarnya.

Adapun prosedur yang dilakukan oleh pihak PLTA Koto Panjang sebelum melepas atau membuka dam air. Pihak PLTA akan melakukan konfirmasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 3 – 4 jam sebelum dam dilepaskan kemudian pihak BPBD meneruskan konfirmasi tersebut ke Camat yang daerahnya dilalui oleh aliran Sungai Kampar. Selanjutnya akan dilakukan pemberitahuan kepada masyarakat sekitar melalui alat komunikasi, media sosial maupun pemberitahuan langsung,” jelas Bayu.

Sementara itu, Sat Sabhara Polres Kampar telah menyiapkan pasukan sebagai tim Bansar jauh – jauh hari sebelumnya. Tim Bansar ini akan melakukan kegiatan patroli ke PLTA Koto Panjang untuk mengecek keadaan Waduk PLTA tersebut.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata S.I.K melalui Kasat Sabhara Polres Kampar, Hermawan mengatakan untuk mencegah adanya korban, Tim Bansar Polres Kampar melakukan kegiatan patroli dialogis untuk menghimbau masyarakat agar saat dam air dilepaskan tidak melakukan berbagai kegiatan seperti mandi, memancing dan lain sebagainya di sepanjang aliran Sungai Kampar,” ujarnya.

Tim Bansar Polres Kampar juga menyiapkan berbagai macam peralatan yang akan digunakan untuk proses evakuasi saat banjir seperti perahu karet, perahu mesin, perahu kano, perahu kayak, baju pelampung beserta helm, kotak P3K dan lain sebagainya.(cr2/arm)

Editor: Defrizal

print