Thursday , June 13 2024
Home / Daerah / ROKAN HULU / Warga Pasir Intan Bangun Purba Kab Rohul Diserang DBD
ilustrasi

Warga Pasir Intan Bangun Purba Kab Rohul Diserang DBD

BANGUN PURBA, BerkasRiau.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah mulai menyerang beberapa Kecamatan di Rohul. Buktinya sudah lima orang warga Pasir Intan, Kecamatan Bangun Purba dihantam DPBD.

Kepala Dinkes Rohul drg. Grifino Dahlihardy, melalui Kasi Pemberantasan Penyakit,  Abu Sofyan SKM, M.Kes mengatakan, minggu sebelumnya penyekit DBD tersebut menyerang warga Tambusai Utara, dan kali ini beralih kepada warga Desa Pasir Intan Kecamatan bangun Purba yang menyebabkan sebanyak 5 warga diserang.

Untuk mengantisifasi hal tersebut Abu Sofyan mengatakan, pihaknya telah melakukan pemberantasan sarang nyamuk(PSN), fogging dan pembagian bubuk abate melalui Petugas Puskesmas Bangun Purba.

Selain itu, Kepala Desa Pasir Intan Saptono dan Bidan Desa setempat Daryanti juga ikut serta dalam PSN tersebut, dan mengakui pada penyisiran dibeberapa lokasi ditemukan sekira 150 ban bekas di pemukiman masyarakat.

“Berkembangnya DBD di Desa Pasir Intan disebabkan banyak air tergenang dari ban bekas. Kedua drum penampungan air, sampah plastik yang mengandung air”  ungkap Abu Sofyan.

Abu Sofyan menghimbau kepada masyarakat agar melakukan pencegahan dengan hidup bersih, membersihkan lingkungan sekitar dari barang-barang bekas yang bisa jadi tempat sarang nyamuk, serta menerapkan 3M Plus.

“Kalau tidak ada sarang, tentunya nyamuk aedes aegypti tidak akan berkembang,”Imbuhnya.(kimek)

 Editor: Defrizal

print