Wednesday , May 22 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Astaufirullah, Ternyata Proyek Galian C di XIII Koto Kampar dan Kampar Hulu Biangkerok Penyebab Miskinnya Masyarakat Batu Bersurat

Astaufirullah, Ternyata Proyek Galian C di XIII Koto Kampar dan Kampar Hulu Biangkerok Penyebab Miskinnya Masyarakat Batu Bersurat

Bangkinang (BerkasRiau.com) – Setelah ditelusuri penyebab tingginya angka kemiskinan di Kelurahan Batu Bersurat, ternyata salah satu penyebabnya adalah proyek galian c, perekonomian masyarakat di kecamatan XIII Koto Kampar mengalami penurunan drastic difaktorkan pencemaran air oleh alat berat ‘eskapor’ galian c.

Hal itu dikeluhkan oleh salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan identitasnya, ketika dijambangi wartawan BerkasRiau.com, Minggu (9/10/2010) malam.

“Kami tidak mendapatkan ikan karena air keruh, itu biang keroknya proyek galian c milik para pengusaha rakus, tambah lagi air sekarang sudah sangat dangkal,” tutur lelaki berbadan gemuk itu.

Lelaki yang berusia 30 tahun lebih itu menilai kekeringan air danau PLTA ini, ada indikasinya permainan para pengusaha galian c dengan pihak PLTA, sebab ketika air danau dalam, aktifitas galian c tidak berjalan, dan para pengusaha merasa dirugikan.

“Bisa jadi ini politik pengusaha galian c yang tidak mau rugi, apa lagi pemilik galian c itu penguasa Kampar, jadi apa boleh buat,” katanya.

Dijelaskannya, tiga proyek galian c di Koto Kampar hulu milik adeknya sekda, sementara di Muaratakus kecamatan XIII Koto Kampar diduga milik bupati Kampar.  Penderitaan masyarakat Batu Bersurat ini tidak pernah diketahui oleh para pengusaha, pengusa yang tidak bertanggung jawab itu bisanya hanya mencari keuntungan sesaat.

“Kami selaku masyarakat berharap kepada pemerintah untuk bisa mencarikan solusi bagi para nelayan, karena semenjak galian c beroperasi, nelayan jarang mendapat ikan,” tandasnya.

Penulis : Defrizal

print