Tuesday , November 24 2020
Home / Sport & Health / Pemilihan Ketua KONI Kampar: Abdul Gafar Kuat, Surya di Atas Angin

Pemilihan Ketua KONI Kampar: Abdul Gafar Kuat, Surya di Atas Angin

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Jelang pemilihan Calon Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI Kabupaten Kampar Periode 2020 – 2024, kasak-kusuk siapa yang akan terpilih mulai tercium.

Sejauh ini ada beberapa nama yang disebut-sebut berpeluang bakal menduduki kursi orang nomor satu di organisasi induk tempat bernaung semua cabang olahraga di Kampar itu. Setidaknya, dalam pengamatan kami, ada tiga nama yang beredar.

Kami mencoba mengulik nama-nama yang telah ada di hati pengurus cabang olahraga. Kami bertanya kepada salah seorang pengurus cabor, siapa kira-kira calon ketua yang akan dipilih pada Musyawarah Olahraga Kabupaten atau disingkat Musyorkab ke-VIII nanti?

Seorang pengurus yang kami temui di gedung KONI menjagokan Abdul Gafar. Dia menyebut, banyak prestasi yang diraih olahraga Kampar dibawah asuhan tangan dingin Abdul Gafar.
Yang paling sahih sebut dia, adalah raihan Runner up pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau pada 2018 lalu.

Bahkan kata dia, di masa kepengurusan Abdul Gafar, atlit Kampar meraih prestasi luar bisa, yakni meraih medali emas Asian Games 2018 silam.

“Kalau ada yang sudah teruji untuk apalagi dipilih yang baru akan mencoba berprestasi,” sebut orang lama di kepengurusan KONI Kampar ini, Jumat (4/9/2020).

Kami kemudian bertanya lagi kepada salah seorang pengurus cabor, siapa yang akan dia pilih?

“Kami akan pilih Bang Surya (Darmawan),” ucap salah seorang pemuda yang mengaku sebagai pengurus cabang olahraga yang ada dibawah KONI, saat dijumpai di halaman Masjid Islamic Centre, jelang sholat Jumat, 4 September 2020.

Kemudian kami bertanya, mengapa kalian pilih Surya Darmawan?

“Sejauh ini Bang Surya yang mampu meyakinkan kami untuk memajukan olahraga di Kampar. Dia masih muda. Semangatnya tinggi,” jawab dia.

Memangnya kalian sudah mendengar pemaparanya tentang bagaimana ia akan memajukan olahraga di Kampar?

“Sudah. Kami sudah bertemu dengan Bang Surya. Yang hadir dalam pertemuan itu ada belasan cabor. Kalau tidak salah ada 17 cabor,” beber pemuda lajang ini.

Apakah kamu yakin, semua yang hadir dalam pertemuan itu akan solid?

“Ndak tau saya bang. Tapi di pertemuan itu kayaknya komit semua. Tapi saat pemilihan nanti, ndak tau juga,” jawab dia lagi.

Dari berbagai sumber yang kami temui di internal KONI dan internal cabang olahraga, katanya, Abdul Gafar dan Surya Darmawan akan bersaing ketat.

Beberapa ingin ketua lama yang sudah teruji. Sebagian lagi ingin orang baru yang muda, enerjik demi penyegaran dengan harapan KONI akan lebih baik. Sedangkan satu nama lain, masih dibawah dua nama diatas.

“Abdul Gafar Kuat, Surya Darmawan di atas angin,” ucap sumber kami yang lain di kantor KONI, Jumat, 4 September 2020.

Siapapun nanti yang menjadi Ketua KONI Kampar akan ditentukan oleh pemilik suara. Pemilik suara dalam pemilihan KONI ada sebanyak 29 suara.

Namun sebelum masuk ke pemilihan, bakal calon Ketua KONI akan melewati hadangan persyaratan yang tidak mudah.

Pertama, bakal calon harus menyertakan dukungan tertulis dari pengurus cabang olahraga. Untuk syarat ini bakal calon barus didukung minimal 9 cabang olahraga.

Kemudian, bakal calon juga harus bersih dari narkoba. Selain itu, bakal calon juga harus memenuhi syarat-syarat lain yang juga tidak mudah.

So, siapa nanti yang akan terpilih? Kita tunggu saja pada 17 September 2020 mendatang. (moreno)

print

Check Also

Cegah Corona, Dirut RSUD Bangkinang Imbau Masyarakat Rajin Cuci Tangan 

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang, dr. Asmara Fitrah Abadi, …