Thursday , April 9 2020
Home / Daerah / K A M P A R / Pembangunan PKS di Desa Birandang Terkesan Ditutup-tutupi 

Pembangunan PKS di Desa Birandang Terkesan Ditutup-tutupi 

Kampar, BerkasRiau.com – Sebuah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) tampaknya akan berdiri di Desa Pulau Birandang, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Riau. Akan tetapi pembangunan PKS tersebut tidak transparan dan terkesan ditutup-tutupi.

Warga masyarakat RT 02/RW 02 Dusun Pematang Kulim, Desa Pulau Birandang yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Selasa (24/3/2020) mengatakan, pembangunan PKS milik Jimmy alias Ahua ini sudah lebih sebulan pembangunannya, tapi di lokasi pembangunan pabrik tidak ada papan informasi.

Menurutnya, setiap kegiatan pembangunan harusnya transparan, agar masyarakat bisa mengetahui dengan jelas. “Jangankan kapasitas PKS, nama perusahaannya saja kami tidak mengetahui,” ujarnya.

Kepala Desa Pulau Birandang, Tomas Renaldo saat dihubungi sedang rapat. Ia menhatakan akan menghubungi usai rapat. “Saya sedang rapat, nanti saya akan hubungi,” katanya singkat.

Sementara, kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Aliman Makmur, M.Si, Ph.D menyampaikan bahwa rekomendasi lingkungannya atau UPL dan UKL telah diterbitkan. “Berkemungkinan perizinan lainnya sudah selesai, kalau tak salah nama perusahaan Pabrik Air Kampar,” sebut Aliman.

Pantauan di lapangan, pembangunan PKS di kilometer 9 jalan Pematang Kulim, tepatnya di RT 02 RW O2 Dusun V Pematang Kulim Desa Pulau Birandang, pembangunannya sedang berjalan.

Dilokasi proyek, nampak beberapa pekerja menjalankan tugas yang diawasi dua orang mandor. Di lokasi pembangunan PKS yang sedang berjalan, tidak ditemukan papan informasi pembangunan.

Saat awak media ingin melakukan konfirmasi, salah seorang yang tidak.diketaui namanya menyampaikan, sebaiknya hal ini dipertanyakan kepada Gugun sembari menyodorkan nomor handpone Gugun.

“Kami disini hanya pekerja, sebaiknya hubungi saja dia,” ucapnya. (Syailan Yusuf)

print

Check Also

Cegah Penyebaran Corona, Kades Desa Baru Semprot Disinfektan ke Rumah Warga

Siak Hulu, BerkasRiau.com – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona (covid-19) Pemdes Desa Baru Kecamatan Siak …