Thursday , April 9 2020
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Cegah Covid-19, Satpolairud dan Petugas KKP Perketat Pemeriksaan Kesehatan di Pelabuhan

Cegah Covid-19, Satpolairud dan Petugas KKP Perketat Pemeriksaan Kesehatan di Pelabuhan

ROHIL,BerkasRiau.com – Satuan Polisi Air dan Udara atau Satpolairud Polres Rokan Hilir, Riau memperketat pemeriksaan di pelabuhan oliong Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau untuk mencegah Corona Virus Disase (Covid-19), Sabtu (21/3/2020), siang.

Kasat Polairud Polres Rohil, Iptu Sapto Hartoyo menyatakan pihaknya bekerja sama dengan Kodim, Imigrasi, Syahbandar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang seperti kapal Speed Boad, Bagansiapiapi menuju Panipahan dan Pulau Halang.

Sapto menjelaskan kegiatan tersebut, untuk antisipasi pencegahan virus corona bersama petugas KKP melakukan pemeriksaan di pelabuhan dengan cara penyemprotan alkohol desipektan pada tangan penumpang juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Jika terdapat suhu panas diatas 37 derajat akan dilakukan pendataan terhadap penumpang,” katanya.

Selain itu penyemprotan dilakukan pada kapal bagian luar dan dalam, tembahnya, kegiatan pemeriksaan itu dilaksanakan secara rutin setiap adanya penumpang yang masuk dan keluar melalui Pelabuhan.

“Diharapkan dengan dilakukan antisipasi sejak dini wilayah Rohil bisa terbebas dari Covid-19,” ujarnya.

Terpisah, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Widi mengungkapkan pemeriksaan kesehatan menggunakan thermo gun. Alat tersebut sebagai pendeteksi peningkatan suhu tubuh seseorang yang diduga terkena virus corona atau tidak.

“Kita lakukan pendeteksi pada saat penumpang hendak memasuki kapal. Kalau terdapat suhu tubuh 38 derajat keatas akan kita rujuk ke RSUD,” terang Widi.

“Kami juga mengimbau kepada penumpang. Khususnya bagi warga, selalu mencuci tangan setelah melakukan aktifitas, memakan yang sehat dan makanan yang dimasak sempurna. Hindari kontak langsung dengan orang yang melakukan perjalanan dari luar dan dalam daerah juga menjaga kesehatan serta kebugaran,” tuturnya. (ton)

print

Check Also

Tabrakan dengan Colt Diesel, Pengendara Sepeda Motor Meninggal Dunia

ROHIL,BerkasRiau.com– Kecelakaan lalu lintas atau Laka lantas yang melibatkan mobil dan sepeda motor terjadi di …