Thursday , April 9 2020
Home / Riau / DPRD Riau Usulkan BUMD Tak Sehat Ditutup atau Dimerger
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Hardianto

DPRD Riau Usulkan BUMD Tak Sehat Ditutup atau Dimerger

PEKANBARU, BerkasRiau.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, Hardianto mengusulkan agar Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau yang tidak sehat untuk ditutup atau digabungkan dengan yang BUMD lainnya (dimerger).

Ia menjelaskan, dari hasil evaluasi BUMD yang dilakukan oleh Komisi III DPRD Riau. Diketahui memang ada beberapa BUMD yang tidak sehat, baik dari segi manajemen maupun keuangannya.

“Kami rekomendasikan BUMD yang tidak sehat itu tutup sajalah atau dimergerkan saja supaya lebih menghemat (APBD, red) dan efektif,” kata Hardianto di Pekanbaru, Kamis (20/2/2020).

Menurut Hardianto, jika suatu perusahaan itu berorientasi pada profit, maka yang dibicarakan adalah bisnis yang menguntungkan. Sehingga apa bila perusahaan tersebut justru tidak menghasilkan keuntungan malah hanya menjadi beban daerah dalam penyertaan modal, maka sebaiknya ditutup atau dimerger.

“Kalau bicara profit oriented, kita bicara bisnis. Kalau tidak sehat, dimergerkan saja. Kalau mau dimergerkan, tinggal digabungkan dengan yang sama Core business-nya,” ujarnya. (rul).

print

Check Also

Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru Lakukan Penyemprotan Disinfektan Bersama 

Pekanbaru, BerkasRiau.com – Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau dan Forkopimda Kota Pekanbaru lakukan …