Friday , December 13 2019
Home / SosDikBud / Kadisdikpora Kampar Minta Kepsek jadi Motivator Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kadisdikpora Kampar Minta Kepsek jadi Motivator Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kampar, BerkasRiau.com – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Kabupaten Kampar, M. Yasir, meminta kepada Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten Kampar dapat menjadi motivator bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Saya minta Kepsek menjadi motivator dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah,” ucapnya saat acara penyuluhan bahasa indonesia bagi pengguna media luar ruang di Kabupaten Kampar yang diadakan di aula kantor Disdikpora Kabupaten Kampar, Senin (23/9/2019)

Kegiatan penyuluhan yang digelar oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, melalui Balai Bahasa Provinsi Riau, diikuti oleh 50 orang Kepsek tingkat TK, SD dan SMP di Kabupaten Kampar selama dua hari.

Kepsek itu adalah edukator bagi majelis guru dan pelajar, sekaligus merangkap sebagai manager dan administrator. “Kepsek juga harus mampu menjagi suvervisor dan tenaga leadership yang selalu berinovatif, kata M. Yasir.

Disampaikan, berbahasa Indonesia yang baik dan benar itu sangat penting dalam menjaga marwah bangsa. Jadi pergunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, tuturnya.

Sementara, Kepala Balai Bahasa Riau, Drs Songgo Siruah, M.Pd menyampaikan, salah satu cara untuk memartabatkan bangsa, dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Berbahasa yang baik dan benar sangat penting sebagai warga negara, karena berkaitan dengan rasa nasionalisme bangsa,” tutur Songgo.

Menurut Songgo, berbahasa itu, bernalar dan berlogika. Pengetahuan kebahasaan sangat perlu, apalagi bagi media massa yang setiap hari menyampaikan informasi ke publik. mengunakan bahasa yang baik dan benar, akan mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca.

Disampaikan Songgo, untuk memperkaya dinamika berbahasa dan menempatkan bahasa dalam tulisan, sebaiknya media massa mengupload kamus besar bahasa Indonesia edisi kelima (KBBI V).

“Mari utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan tertibkan bahasa asing,” ujarnya. (Syailan Yusuf)

print

Check Also

Kadis Parbud Kampar bersama Kades Pulau Lawas Kukuhkan Pokdarwis Batobo

KAMPAR, BerkasRiau.com – Kadis Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kampar Zulia Dharma didampingi Kades Pulau Lawas …