Thursday , May 23 2019
Home / Advertorial / Sambut Ramadhan 1440 H, Gubernur Riau Hadiri Balimau Kasai di Kampar

Sambut Ramadhan 1440 H, Gubernur Riau Hadiri Balimau Kasai di Kampar

KAMPAR, BerkasRiau.com – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H/2019 M Gubernur Riau Syamsuar dan ibu menghadiri Balimau Kasai yang diadakan di pantai Langgini, Ahad (05/05/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Muslimawati, Sekda Kampar Drs. Yusri, M.Si dan Isteri, Burhanuddin Husin, Mm mantan Bupati Kampar, Forkopimda, Camat, Tokoh masyarakat dan kepala OPD dilingkungan Pemkab Kampar.

Gubernur Riau dalam arahannya menyampaikan marhaban ramadhan, “Mari kita sambut bulan Ramadan ini dengan penuh gembira, bulan yang penuh Rahmat, maghfirah dan bulan bebas dari api neraka”, kata Syamsuar.

“Terkait dengan kegiatan Balimau kasai Gubernur menyatakan agar dapat terus dipelihara oleh masyarakat karena memiliki makna yang positif bagi kita”, tambahnya lagi.

Kegiatan Balimau Kasai ini punya makna dan arti yakni pelestarian budaya yang terpelihara dan perlu di jaga, ada beberapa hikmah yang di peroleh, kita membersihkan diri kita bukan hanya badan tapi rohani kita, begitu juga ajang silaturrahmi antar masyarakat, menyambut ramadhan kita sambut dengan doa dan memohon ampunan, jangan kita kotori balimau Kasai dengan hal-hal yang jauh dari norma adat dan norma agama, pesan Gubernur.

Kegembiraan kita dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan, karena dulu tidak ada sabun namun menggunakan wangian-wangian, terangnya lagi.

Selain itu balimau Kasai dapat dijadikan Iven wisata, kampar ini merupakan daerah yang kaya akan Pariwisata, banyak yang dapat di promosikan dan di jual kepada wisatawan, bulan Mei juga kita akan gelar iven wisata budaya.

Sementara itu Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada gubernur Riau yany telah dapat meluangkan waktu hadir di Kabupaten Kampar dalam rangka Balimau Kasa, ini merupakan agenda masyarakat, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat dari zaman dulu dan sampai sekarang, kata Catur Sugeng Susanto.

Pesan Bupati Kampar mari kita jaga keamanan, ketertiban, keselamatan, jaga keluarga mari Kita semuanya berhati-hati, pintanya lagi.

Besok kita melaksanakan ibadah puasa, semoga kita dapat menjalankan ibadah puasa yang memenuhi kriteria dan syarat dan di terima Allah SWT, tambah Catur Sugeng Susanto.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Riau Syamsuar melakukan penyiraman Limau Kasai kepada masyarakat yang diikuti oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Sekda Kampar Yusri, Mantan Bupati Kampar Burhanuddin Husin, Kapolres Kampar dan tokoh Masyarakat.

Diumumkan juga pemenang lomba sampan hias sekaligus penyerahan hadiah oleh Gubernur dan Bupati Kampar. (adv).

print

Check Also

Guna Memenuhi Kebutuhan Air Bersih, Pemkab Rohil Gesa Program SPAM

ROHIL, BerkasRiau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus menggesa untuk melanjutkan program Sistem Penyediaan Air Minum …