Thursday , May 23 2019
Home / Lingkungan / Hari Peduli Sampah, DLH Rohil Pungut Sampah dan Tanam Pohon Oliana

Hari Peduli Sampah, DLH Rohil Pungut Sampah dan Tanam Pohon Oliana

ROHIL, BerkasRiau.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) gelar tanam pohon dan bersihkan sampah di pinggir pantai wisata Bagansiapiapi, kawasan Kantor Bupati Rokan Hilir, Kamis (21/2/2019).

Kegiatan tanam pohon dan bersihkan sampah dilaksanakan sebagai rangkaian pencanangan hari peduli sampah nasional (HPSN) 2019 ini dengan tema, kelola sampah untuk hidup sehat dan bernilai, oleh masyarakat, dunia usaha, Pemerintah maupun Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir (Rohil) Suwandi, menuturkan bahwa telah ditetapkan peraturan Bupati Rokan Hilir nomor 92 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

Ia menjelaskan, dalam upaya pengelolahan sampah baik itu Kecamatan Bangko maupun di Bagan Batu dengan jumlah 140 ton sampah per hari. Untuk transportasi pengangkutan sampah saat ini memiliki lebih kurang berjumlah 15 unit, berupa mobil dam truck, dozer mini dan lainya.

Selain itu, juga telah dilakukan pembersihan paret dan dranase yang ada di pinggir jalan protokol kawasan perkantoran batu enam ini serta menata kembali taman wisata dengan menggunakan alat berat yang dimiliki.

Di hari peduli sampah nasional ini adapun berbagai kegiatan dilakukan untuk menumbuh kembangkan dan membudayakan kehidupan bersih adalah pungut sampah, pembagian tong sampah kepada seluruh OPD dan Sekolah Adiwiyata serta kantor intansi pertikal yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

“Untuk diketahui, kita juga telah melakukan penghijauan, dengan penanaman 200 pohon oliana pucuk merah di kawasan perkantoran batu enam serta dilakukan pemungutan sampah dan membagikan 600 bibit tanaman,” ucapnya. (ton).

print

Check Also

Pemda Kampar Lakukan KLHS RTRW Kampar 2018-2038

Bangkinang, BerkasRiau.com – Bupati Kampar diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan pembangunan Ir.Azwan MSi membuka …