Thursday , April 18 2024
Home / Politik / Survey LSI Terbaru, Jokowi-MA Unggul Disemua Pulau Besar di Indonesia 

Survey LSI Terbaru, Jokowi-MA Unggul Disemua Pulau Besar di Indonesia 

Jakarta, BerkasRiau.com – Memasuki masa kampanye Pilpres 2019, kandidat capres-cawapres bakal memetakan daerah yang diincar untuk menjadi lumbung suara. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memaparkan hasil survei di pulau-pulau besar tentang pilihan mereka dari dua pasangan capres yang berkompetisi.

Tim Riset LSI Denny JA, Ardian Sopa memaparkan, di Pulau Jawa Jokowi-Ma’ruf memimpin dengan hasil 52,6 persen. Beda dengan Prabowo-Sandi yang hanya meraih 25,9 persen. Belum menjawab dan rahasia sebanyak 21,5 persen. Base Pula Jawa sebesar 56,7 persen.

Di Pulau Sumatera, Jokowi-Ma’ruf masih unggul dari Prabowo-Sandi. Tapi, perbedaan angkanya tipis antara 44,8 persen untuk Jokowi-Maruf dan 43,8 persen didapat Prabowo-Sandi. Yang belum jawab dan rahasia sebesar 11,4 persen. Base pulau ini 20,8 persen.

Masuk ke Pulau Kalimantan, setengah mayoritas penduduk memilh Jokowi-Ma’ruf dengan angka 61,4 persen. Prabowo-Sandi memperoleh 30,0 persen. Yang memilih tidak tahu, belum memutuskan dan rahasia sekitar 8,6 persen. Base Pulau Kalimantan 5,8 persen.

Lanjut ke Pulau Sulawesi, Jokowi-Ma’ruf unggul sebesar 58,9 persen. Prabowo-Sandi masih kalah dengan angka 26,7 persen. Masyarakat yang tidak menjawab, belum memutuskan dan rahasia sebanyak 14,4 persen. Base pulau Sulawesi 7,5 persen.

Jokowi-Ma’ruf pun menang telak di Maluku dan Papua. Keduanya memborong skor 76,0 persen. Prabowo-Sandi keok di angka 12,0 persen. Kemudian, angka 12,0 persen masih didapat dari masyarakat yang belum menjawab, memutuskan serta rahasia. Base Maluku dan Papua 4,2 persen.

Terakhir untuk pulau Bali dan Nusa Tenggara dengan Base 5,0 persen. Jokowi-Ma’ruf masih bersinar dengan torehan 50,0 persen. Prabowo-Sandi masih ciut dengan nilai 35,0 persen. Di dua pulau tersebut yang belum menjawab, memutuskan dan rahasia dengan angka 15,0 persen.

“Jokowi-Ma’ruf unggul di semua pulau tetapi tetap bersaing ketat dengan Prabowo-Sandi di Pulau Sumatera,” tandas Ardian.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden 1.200 orang dengan wawancara tatap muka dan kuesioner. Margin of error 2,9 persen. Pengumpulan data dilakukan pada 14-22 September 2018.

Sumber: liputan6.com

print