Friday , June 14 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Kereen, Desa Wisata Pulau Belimbing Gelar Merathon Kalaborasi Seni Tradisional

Kereen, Desa Wisata Pulau Belimbing Gelar Merathon Kalaborasi Seni Tradisional

KUOK, BerkasRiau.com – Satu lagi terobosan yang di anak muda Kampar tepatnya di dusun Pulau Belimbing Desa Kuok yang akan menggelar perpaduan olahraga Merathon dengan musik tradisional yang di raja oleh para pemuda dan masyarakat dusun Pulau belimbing yang bekerja sama dengan Kelompok sadar Wisata Rumah lontiok dan museum kandil kemilau emas.

Kegiatan yang bertema Desa wisata berkibar tersebut diadakan dalam semarak hari kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018 tersebut akan diadakan pada hari Ahad 26 Agustus 2018.

Demikian disampaikan oleh salah seorang panitia kegiatan Syarkawi yang juga pengurus Kandil Kemilau Emas sekaligus budayawan Kuok saat dijumpai di Desa Wisata Rumah Lontiok, Sabtu (25/8/18).

Dikatakan Syarkawi bahwa Kegiatan Merathon 3 km tersebut akan dimulai dari gerbang wisata pintu masuk dusun pulau belimbing dan finis di Tembok Wisata Cinta Budaya Topian Fomo Dusun Pulau Belimbing I Desa Kuok Kecamatan Kuok.

“Peserta yang telah mendaftar dan ikut sebagai peserta merathon akan menempuh jarak lebih kurang sejauh 3 kilo meter, dimana setiap 100 meter peserta akan kita suguhi dengan musik tradisional baik calempong dan akan diberikan baju peserta merathon,” kata Syarkawi.

Pada kesempatan tersebut juga kita akan di tampilkan special akustik bend, kunjungan museum kandil kemilau mas, tari tradisional, tari modern, kolaborasi biola calempong serta silat tradisional Kampar.

“Kita juga persiapkan penggilangan tebu tradisional dan hasilnya untuk di minum,” tambah Syarkawi.

Kepada peserta akan diberikan sertifikat oleh Kandil Kemilau Emas dimana koleksinya termasuk koleksi paling langka di dunia seperti Kompas kuno, Keramik, perkakas dan ada juga alat tukar uang zaman dulu, tutup Syarkawi yang didampingi oleh Ujang Mak Ongah. (rano).

print