Sunday , June 16 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Terkait Pembangunan PKS PT KAP, YLBHR Menduga Ada Permainan Oknum

Terkait Pembangunan PKS PT KAP, YLBHR Menduga Ada Permainan Oknum

KAMPAR, BerkasRiau.com – Kuat dugaan ada oknum bermain guna memuluskan penerbitan perizinan pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT Kencana Agro Persada (KAP) di Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar – Riau.

Hal itu disampaikan Ketua Yayasan Lingkungan dan Bantuan Hukum Rakyat, Dimpos TB kepada awak media, Rabu (1/8/2018) di Bangkinang Kota.

Mana mungkin pembangunan PKS PT KAP bisa berjalan lancar, tanpa kendala. Jika tidak ada oknum yang bermain, ungkap Dimpos TB.

Walaupun objek pembangunan PKS nya pada Areal Peruntukan Lain (APL) namun akses jalan masuk lokasi merupakan kawasan hutan.

Pihak PT KAP dengan sengaja merambah kawasan hutan membuat jalan masuk menuju PKS dengan lebar 12 meter dan panjang 400 meter lebih dengan cara membabat, merusak dengan menggunakan alat berat.

“Saya rasa tak mungkin mereka bisa leluasa merambah kawasan hutan, bila tidak ada oknum bermain,” ujarnya.

Dimpos TB mengingatkan kepada instansi terkait, hendaknya dalam mengeluarkan suatu perizinan terutama PKS, jangan hanya objeknya saja diperhatikan.

Fasilitas pendukung lainnya seperti, akses jalan masuk, apakah dalam kawasan hutan apa tidak, jarak dari pemukiman penduduk, tempat pembuangan akhir limbah cair dan lainnya juga harus diperhatikan.

Jika hal itu, betul-betul diperhatikan, sangat sulit bagi PT KAP mendapatkan semua perizinan diperlukan untuk membangun PKS, ungkapnya. (Syailan Yusuf).

print