Friday , June 14 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Pemkab Kampar Dukung Penuh Program Kedaulatan Pangan Nasional

Pemkab Kampar Dukung Penuh Program Kedaulatan Pangan Nasional

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Kampar Mendukung penuh upaya Pemerintah Pusat menuju kedaulatan pangan Nasional.

Hal itu dilakukan Pemkab Kampar dengan melakukan penambahan areal taman padi, jagung dan kedele di lahah kering, seperti memanfaatkan lahan sawit yang di replanting untuk menanam bahan pangan tersebut.

Begitu dikatakan Bupati Kampar melalui Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Hendry Dunan saat ditemui usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Apkasi yang dilaksanakan di Nusantara Hall, ICE Jakarta , Jumat (6/7/18).

Ditambahkan Dunan, sesungguhnya sejak tahun 2014 lalu kita sudah mengadopsi berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Pusat untuk meningkatkan ketahanan pangan, dan terbukti terjadi peningkatan produksi mulai dari tahun 2015-2016 produksi padi 30 dan pada tahun 2017-2018 mencapai 50 sampai 70 persen, dan kita berharap pada akhir 2019 kita upayakan sudah swasembada.

“Dengan mekanisasi pertanian yang kita lakukan sesuai dengan keinginan Bupati Kampar untuk memudahkan masyarakat mengolah lahan pertanian dengan menggunakan teknologi yang modern, kita berharap masyarakat termotivasi untuk kembali bertani dan swasembada yang kita harapkan dapat tercapai,” ujar Dunan.

Ditambahkan Dunan, saat ini kita akan terus melakukan pencanangkan penanaman padi, dan rata-rata di Kabupaten Kampar kita sudah menanam Padi jenis IP 200 dan produksi kita saat ini sudah mencapai 8 ton per tahun dan kita akan berupaya untuk melakukan pemerataan hasil produksi di seluruh Kabupaten Kampar agar swasembada yang kita harapkan di Akhir 2019 nanti dapat tercapai. (hms).

print