Sunday , June 16 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Hari Ini Ketua Forum BPD Kampar Resmi Lantik Pengurus F-BPD Tapung Hilir

Hari Ini Ketua Forum BPD Kampar Resmi Lantik Pengurus F-BPD Tapung Hilir

TAPUNG HILIR, BerkasRiau.com – Dalam rangka meningkatkan kinerja serta memperkuat eksistensi Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Kampar Syofian, SH.MH Dt. Majo Sati melantik Forum BPD Kecamatan Tapung Hilir dihalaman kantor Kecamatan Tapung Hilir, Kamis (19/4/2018).

Selain Ketua Forum BPD Kampar hadir Camat Tapung Hilir Yuricho Efril, SSTP, Kadis PMD yang diwakili Ambar Rustantini Kabid Pemberdayaan Desa, Danramil, serta para Kapala desa se- Tapung Hilir.

Dalam arahannya Syopian menyampaikan,” bahwa Forum ini kita bentuk untuk mempersatukan persepsi kita semua agar terjalin keharmonisan antara BPD dan Kepala Desa sekiranya kita sudah saling memahami tugas dan fungsi kita masing – masing,”ujar Syopian.

“Di forum ini tempat kita sharing dan perlu kita ingat BPD dan Kepala Desa adalah mitra dalam membangun desa, seperti yang diamanatkan oleh Permendagri nomor 110 tahun 2016 bahwa setiap musyawarah Desa yang mengundanya adalah BPD,”jelas Syopian.

Ditambahkan Syopian dalam waktu dekat sebelum lebaran seluruh forum BPD Kecamatan se Kabupaten Kampar akan kita lantik,”tuturnya.

Diingatkan Syofian jangan sampai ada lagi perbedaan pendapat yang dapat merugikan desa. “Jangan sampai miskomunikasi dengan pemrintah desa, pemerintah desa merupakan mitra untuk sama-sama membangun desa,” ungkapnya.

Selain itu ketua Forum BPD juga menyinggung honor BPD dalam aturannya BPD juga berhak menerima tunjangan dan SPPD seperti layaknya kepala desa.

“Tentunya jumlah tunjangan dan SPPD tergantung pada kemampuan desa,” imbuhnya.

Sementara itu Ambar Rustantini mewakili Dinas PMD mengatakan,” forum BPD ini sangat diperlukan untuk mengontrol kinerja Kepala Desa. Kritik untuk membangun itu boleh yang tak boleh itu ribut – ribut yang saling menjatuhkan,”ucapnya.

“Dalam waktu dekat Kepala Desa dan BPD Rakor bersama yang mengunakan dana APBD dalam rangka untuk membangun sinergisitas antara BPD dan Kades,”pungkas Ambar.(wowon)

print