Tuesday , July 16 2024
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Bupati Rohil Tinjau Rumah Sejarah Milik Kapitan Chen Lee

Bupati Rohil Tinjau Rumah Sejarah Milik Kapitan Chen Lee

ROHIL, BerkasRiau.com – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp bersama dinas terkait melakukan peninjauan terhadap rumah sejarah Kapitan ‎Chen Lee yang berada di belakang hotel lion, Selasa (28/2/17).

Penijauan yang dilakukan oleh bupati juga didampingi Anton yang merupakan cucu Kapiten Chen Lee. Suyatno mengaku merasa prihatin terhadap kondisi rumah sejarah itu. Dia melihat, rumah yang masih menyimpan barang bersejarah itu memiliki peluang untuk dijadikan sebagai objek wisata di Rohil.

“Makanya saya tadi langsung berhadapan dengan salah satu keturunan Kapiten (Tono, salah satu keturunan Kapitan), beliau menyanggupi apa yang menjadi niat baik Pemda,” kata Suyatno.

Selain itu lanjutnya, hal tersebut harus dibicarakan dulu melalui musyawarah dengan pihak keluar Kapiten Chen Lee yang lainnya, untuk mendapat persetujuan. ‎Jika pihak keluarga mau menyerahkan rumah tersebut dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Rohil, akan dijadikan objek wisata.

Adapun beberapa peninggalan Kapiten yang bisa menarik wisatawan, diantaranya. Piano buatan Belanda, tempat tidur, foto-foto, patung, serta topi Kapitan yang saat ini berada di kota Batam.

“Rencana dalam waktu dekat topi itu akan dikirim ke Bagansiapiapi,” sebutnya.

Bupati menginginkan barang barang peninggalan sejarah agar diberikan pembatas kaca sehingga barang tersebut tidak bisa disentuh dan hanya bisa dilihat saja oleh pengunjung.

“Termasuk renovasinya, ini saya lihat membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika ini sudah dilimpahkan pihak keluarga dengan Pemda, kita mungkin akan minta dana bantuan ke Pusat untuk merenovasinya,” terangnya

Selain itu, Suyatno juga melakukan peninjauan terhadap makam Kapiten Chen Lee yang berada ‎ di gang Jandu. Untuk jalan masuk ke rumah Kapiten, dia juga menyetujui agar jalan tersebut diberinama jalan Kapiten.(ton).

Editor: Defrizal

print