Thursday , June 13 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Kampar Siap Wujudkan Pilkada Damai 2017

Kampar Siap Wujudkan Pilkada Damai 2017

JAKARTA, BerkasRiau.com – Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi AP, M.Si menghadiri rapat koordinasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2017 di ruang Birawa, Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto Kav 71-73, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (31/1/17).

Acara yang dikemas Kementerian Dalam Negeri RI tersebut di Hadiri oleh sejumlah menteri diantaranya Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Menteri Koordinator politik Ekonomi Hukum dan Keamanan (menkopolhukam) RI Wiranto, Kepala Kepolisian RI Tito Karnavian, Panglima TNI Gatot Nurmanto,  Ketua KPU Pusat, DKKP, Ketua Panwaslu pusat,  seluruh Kapolda, Danrem, Gubernur, Kejaksaan, Penjabat Bupati, Walikota, Kapolres, Dandim Seluruh Indonesia serta acara tersebut ditutup oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kala.

Pj Bupati Kampar usai mengikuti Rakornas tersebut Mengatakan Bahwa Hasil dari Rakornas tentang Pilkada serentak yang dilaksanakan tahun 2017 ini sangat jelas instruksinya hal-hal yang menjadi perhatian menjelang Pilkada serentak pada tanggal 15 Februari 2017 nanti mengintruksikan kepada kita agar bagaimana kita bisa mengfasilitasi pelaksanaan Pilkada, serta mendorong pelaksanaan Pilkada yang tertib dan damai.

Syahrial Abdi juga menjelaskan yang paling utama yang harus diperhatikan yakni pada hari akhir menjelang pemilihan adalah penekanan pada potensi kerawanan sekaligus money politik atau politik uang yang akan dilakukan oleh paslon oleh karena itu pemerintah Kabupaten Kampar bersama Forkopinda sudah sepakat akan melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka menindak lanjuti berbagai arahan baik itu Menteri Dalam Negeri, Kapolri, dan juga dari Panglima TNI dan terakhir dari Wakil Presiden RI.

“Kita yakin untuk persiapan dalam melaksanakan Pilkada sudah sangat siap, mudah-mudahan kita dapat mewujudkan Pilkada damai sebagaimana di Kabupaten Kampar telah kita sepakati bersama yakni Pilkada Beradat, bersih, aman dan damai,” tegasnya.

Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK yang juga turut hadir pada acara tersebut menambahkan Pelaksanaan Rakornas Ini hal sangat baik yang dilakukan oleh Pemerintah RI dalam hal Mendagri maupun Forkopinda RI dan kita apresiasi untuk mengingatkan kembali, memberikan eksistensi terhadap seluruh Kepala Daerah baik itu Provinsi, kabupaten /kota untuk melaksanakan kesiapan Pilkada. Ini juga merupakan cambuk bagi kita untuk mengingatkan kembali sekaligus melakukan pengecekan terhadap kesiapan dan langkah-langkah dalam rangka mengantisipasi sebelum, sesaat dan setelah Pilkada.

“Setelah kita akan mengadakan rapat terbatas, untuk mengingatkan lagi kawan-kawan semuanya, sekaligus membuatkan rencana pengamanan yang lebih terpadu sehingga kita bisa meningkatkan pelayanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat pada pesta demokrasi ini,” ucapnya.

Untuk Kabupaten Kampar sampai saat ini berjalan dengan baik, dan komit dalam mensukseskan Pilkada serentak tahun 2017 ini, baik itu penyelenggara, Pemerintah, TNI, Polri selalu sinergis dan selalu didukung dengan seluruh elemen, tokoh masyarakat, LSM, ini semua sudah kita jalankan baik sosialisasi patroli, dialogis untuk mengajak peran serta dan partisipasi masyarakat untuk ikut memilih sekaligus menjaga persaudaraan, rasa kebersamaan antara kita di Kabupaten Kampar yang tentunya kita memilih calon pemimpin bukan penguasa karena pemimpin itu adalah pelayanan masyarakat.

Sebelumnya Mendagri Tjahyo Kumolo Dalam sambutannya menyatakan, pemerintah telah mendukung dalam memberikan fasilitas terkait dengan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak kepada Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu.

“Pada prinsipnya pemerintah daerah di 101 sudah memfasilitasi anggaran baik untuk KPU dan Bawaslu serta keamanan yang prinsipnya cukup tercukupi,” ujar Menteri Dalam Negeri Dalam prosesnya Tjahyo menyebutkan ada beberapa daerah yang masih belum menerima anggaran dari pemerintah. Namun nantinya secara bertahap pemerintah akan menyelesaikan kekurangan anggaran tersebut.

“Dalam catatan kami ada tiga daerah yang masih bertahap. Saya harapkan daerah ini diberikan anggaran yang disepakati bersama,” imbuhnya.

Tjahyo melanjutkan, pemerintah melalui unsur Kepolisian dan TNI memastikan penyelenggaraan Pilkada serentak berjalan aman dan sesuai dengan prosedur guna melancarkan jalannya Pilkada di 101 daerah.

“Untuk mengamankan Pilkada serentak kepala di  101 daerah baik Provinsi maupun Kabupaten Kota harus melakukan koordinasi sesama komponen tersebut,” kata Tjahyo.

Melalui Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu mempercayakan sepenuhnya penyelenggaraan Pilkada serentak kepada dua lembaga pemerintah tersebut.”Pemerintah sudah menyerahkan sepenuhnya kepada KPU dan Bawaslu yang cukup berpengalaman untuk menyelenggarakan pemilihan umum,” pungkasnya. (kk).

Editor: Defrizal 

print