Friday , June 14 2024
Home / Politik / Topping Off Ceremony Jembatan Waterfrontcity Bangkinang

Topping Off Ceremony Jembatan Waterfrontcity Bangkinang

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Diakhir masa jabatan, Bupati Kampar, H Jefry Noer mengadakan acara Topping Off Ceremony Jembatan Waterfrontcity, Kamis (08/12) di Bangkinang Kota.

Acara yang berlangsung meriah itu dihadiri Forkominda Kabupaten Kampar, Anggota DPRD Riau sekaligus Ketua TP PKK Kampar, perwakilan Pt Wijaya Karya (Wika),Satuan Kerja lingkup Pemda Kampar, para Camat dan tamu undangan lain.

Jembatan yang merupakan salah satu dari paket proyek Multiyears yang dianggarkan pemerintah Kabupaten Kampar dalam rangka meningkatkan infrastruktur. Kedepan berbagai bangunan lainnya dikawasan tersebut antara lain, pertokoan, perhotelan, pusat kuliner, dan pusat rekreasi dengan harapan menjadi tujuan wisata masyarakat Riau yang Islami yang dimasukkan kedalam salah satu kawasan yang dikembangkan melalui kerjasama perbatasan pekansikawan, kata Kepala Dinas Binamarga dan Pengairan Kabupaten Kampar Indra Pomi.

Jembatan Waterfronrcity didesain oleh DR ir Josia Irwan Ristandi M. Eng yang dikenal sebagai praktisi dan juga merupakan Dosen Tehnik Sipil Universitas Indonesia dengan spesifikasi struktur jembatan pelengkung baja dengan bentang 200 meter yang terbagi dalam 3 segmen yaitu, 50-100 meter dan 50 meter.

Struktur bawah jembatan ini merupakan pondasi bofile Dia 100 Cm, pondasi filecab dan fier abutment, struktur oprit jembatan dengan dinding modular. Struktur atas merupakan rangka baja box pelengkung, kabel hanger buatan maccalloy united kingdom dan lantai jembatan ridgit denganpermukaan ACWC dengan nilai kontrak Multiyears sebesar Rp 117,88 Milyar dikerejakan selama 562 hari kalender serta masa pemeliharaan selama 365 hari kalender, total tenaga kerja terserap 300 orang, jelas Indra Pomi.

Jembatan Waterfrontcity ini telah dua kali dikunjungi oleh Komisi jembatan Kementerian PUPR yang dipimpin Direktur jembatan Ir Iwan Zarkasi MT, Prof. Dr Ir Bambang Suhendro Msc Phd, Prof. Dr Iswandi Imran MASc dan Dr Ir Hidayat Sugiarto M.Ms dijadikan sebagai praktikum pelatihan inspector jembatan se-Sumatera yang dilaksanakan Kementerian PUPR RI.

Berkenaan dengan topping off ceremony ini suatu pertanda bahwa jembatan Waterfrontcity ini telah terlaksana pembangunan bagian mayornya, namun akan tetap dilanjutkan pembangunan minornya sampai dengan masa kontrak berakhir, Ujarnya

Selanjutnya, pada tahun tahun 2017, untuk laik fungsinya akan dilakukan kegiatan loading test dan pembangunan jalan penghubung kejalan Prof. M Yamin SH setelah itu barulah jembatan ini bisa dibuka untuk umum, ucap Indra Pomi.

Sementara itu, Bupati Kampar H Jefry Noer dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa jembatan Waterfrontcity merupakan kado terindah dirinya buat masyarakat Kabupaten Kampar khususnya Bangkinang Kota dan Bangkinang.

“Program proyek multiyears Waterfrontcity ini merupakan suatu komplek wisata, disitu ada perkantoran, hotel, usaha kuliner, wisata air dan lainnya. Hanya saja baru dapat membangun jembatannya saja,” ujar Jefry.

Untuk itu ia berharap siapapun terpilih nantinya menjadi Bupati Kampar periode 2017-2022 dapat melanjutkan program ini.

“Sehingga apa yang menjadi harapan bersama yakni menjadikan kota Bangkinang yang ditopang oleh 8 Kecamatan ini menjadi Kotamadya menjadi lebih gampang,” pungkas Jefry. (Syailan Yusuf)

Editor: Defrizal

print