Sunday , April 14 2024
Home / Daerah / K A M P A R / Pengunjung Festifal Maawuo Danau Bokuok Membludak
Puluhan ribu masyarakat Kampar terlihat memadati jalan saat ingin menyaksikan pembukaan acara lempar jala ke danau

Pengunjung Festifal Maawuo Danau Bokuok Membludak

TAMBANG (BerkasRiau.com) – Masyarakat Kampar dari berbagai desa tak mau ketinggalan dengan pesta tradisi tahunan rakyat, buktinya pada Minggu (13/11/2016) siang puluhan ribu masyarakat memadati desa Aur Sati Kecamatan Tambang untuk menyaksikan festival maauo danau bokuok yang dilaksanakan sekali setahun oleh masyarakat tambang.

Dari pantauan BerkasRiau.com dilapangan, ribuan kendraan roda empat dan roda dua memadati jalan seluas 200 meter itu. Pengunjung berjalan kaki juga berdesak-desakan tak mau ketinggalan melihat peserta menangkap ikan di danau bokuok tersebut.

Kendati kegiatan tahunan ini tidak mendapat bantuan uluran tangan dari pemerintah daerah, namun berkelanjutan dengan hikmat dan dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana Nazaruddin Chaniago dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya kegiatan festival ini berkat bantuan uluran tangan Pemprov Riau melalui SKPD Pariwisata.

“Masyarakat sangat berharap acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan mendapat bantuan pemerintah daerah,” katanya.

Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan bahwa, Pemprov Riau juga telah memberikan bantuan untuk pembangunan balai adat dan rumah adat.

“Calempong dan gong calempong juga bantuan dari Pemprov Riau,” akuinya.

Pada kesempatan itu, Nazarudin mengakui untuk pelaksanaan kegiatan ini mendapat bantuan dari pemerintah Riau sebanyak Rp 1 Miliar.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa festival Maawuo Danau Bokuok juga diramaikan dengan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan pada tangga 6-19 November 2016.

“Dengan menggelar festifal kesenian daerah antar kecamatan se-Kabupaten Kampar dan pertandingan bola voli antar klub se-Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru dan tanggal 11-16 November 2016 dilaksanakan Pacu Dayung Sampan antar kecamatan se-Kabupaten Kampar,” tandasnya.(***)

Editor : Defrizal

print