Tuesday , July 16 2024
Home / Daerah / ROKAN HULU / Gawat, Angka Kemiskinan di Rohul Terus meningkat, BPS Sebut Kacamatan Bonai Gudangnya Orang Miskin

Gawat, Angka Kemiskinan di Rohul Terus meningkat, BPS Sebut Kacamatan Bonai Gudangnya Orang Miskin

ROKANHULU, BerkasRiau.com – Dari tahun ke tahun angka kemiskinan di Kabupaten Rokan Hulu terus meningkat, dari 58.000 menjadi  68.000 jiwa, hal itu diakui oleh Kepala Tata Usaha Badan pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Prima Budiriharti saat dijumpain di ruang kerjanya, Kamis (23/03/17).

Dikatakannya, setiap tahun angka kemiskinan terus bertambah 1,0 persen tiap tahun. Berdasarkan data pada tahun 2014 ke 2015 terus mengalamin peningkatan.

“Tahun 2014 angka kemiskinan di Rohul 58 ribu jiwa, namun pada tahun 2015 angka itu meningkat 1 persen, dan pada tahun 2015 angka kemiskinan tercatat 68 ribu jiwa,” katanya.

Dalam kabupaten Rohul, gudang kemiskinan terdapat di Kecamatan Bonai Darusalam, setiap tahun angka kemiskinan meningkat 0,3 persen tiap tahun.

Diakuinya, meningkatnya angka kemiakinan itu disebabkan oleh berbagai faktor, terutama musibah banjir, kebakaran, sehingga dengan adanya bencana alam seperti itu banyak masyarakat mengalami kerugian.

“Kemudian ditamba lagi dengan pola hidup masyarakat yang banyak bertani, peralihan profesi, dari petani menjadi pekerja buruh pabrik, dan diperparah dengan masalah harga komuniti sawit, karet, yang terus mengalamin penurunan harga, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan petani kemudian berdampak terhadap daya beli masyarakat,”papar Prima.

Dengan kondisi seperti ini, Prima sangat prihatin, dan dia berharap kedepan pejabat Rohul agar bisa melakutkan analisa  terkait data yang telah disajikan, semoga pemda bisa mengurangi angka kemiakinan. (kimek)

Editor: Defrizal

print