Wednesday , May 22 2024
Home / Uncategorized / Pagi Ini, Bang Zulher Dinobatkan Jadi Datuok Pito Kayo

Pagi Ini, Bang Zulher Dinobatkan Jadi Datuok Pito Kayo

BANGKiNANG, BerkasRiau.com – Jika tak ada arel melintang, pagi ini diagendakan Drs H Zulher MS atau lebih sering dikenal dengan nama Bang Zulher dinobatkan menjadi salah satu perangkat adat persukuan Piliang Kenegerian Air Tiris. Beliau diberi gelar Datuok Pito Kayo.

Hal itu diungkapkan oleh Rozi Amri Datuok Jalianso, pucuk adat Persukuan Piliang Kenegerian Air Tiris, Selasa (8/2) pagi di Balai Adat Air Tiris.

Dt. Jalianso mengungkapkan gelaran adat ini merupakan hasil musyawarah adat persukuan piliang yang bermufakat memberi gelar adat kepada Bang Zulher. Dia mengungkapkan bahwa gelar ini akan disandang oleh yang bersangkutan selama gelar itu belum dicabut oleh pucuk adat.

“Perangkat adat Persukuan piliang melihat bahwa sosok Drs H Zulher MS ini merupakan sosok yang tepat untuk menyandang gelar adat ini. Kami semua yakin beliau mampu untuk mengembannya”ungkap Dt. Jalianso.

Bang Zulher saat dihubungi via telepon membenarkan bahwa beliau diberi gelar adat ini oleh pucuk adat persukuan Piliang Air Tiris. Dia menyebut ini adalah amanah yang harus dilaksanakan.

“Gelar adat ini merupakan amanah yang harus saya pikul dengan sebaik mungkin. Tentu saya membutuhkan kerjasama yang baik antara semua elemen adat, baik internal Persukuang Piliang seperti ninik mamak dan anak kemenakan maupun pihak eksternal dari kenegerian dan pemerintah daerah. Insya Allah akan saya jalankan seamanah mungkin”ungkap Zulher.

Terlihat di Lokasi acara panitia sedang mempersiapkan hal teknis pendukung acara. Beberapa anak kemenakan maupun masyarakat Air Tiris secara umum telah mulai mendatangi lokasi acara.(cr3)
Editor : Defrizal

print