Thursday , August 11 2022
Home / Daerah / K A M P A R / Bersama Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Pj Bupati Kamsol Kunjungi SMPN 3 Tapung

Bersama Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Pj Bupati Kamsol Kunjungi SMPN 3 Tapung

Kampar, BerkasRiau.com – Kabuapten Kampar dikunjungi oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek RI Dr. Iwan Syahril, Ph.d, Pj Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, MM cek keadaan sekolah – sekolah dan aktivitas belajar mengajar di Kampar.

“Memastikan keadaan sekolah – sekolah dan aktifitas belajar mengajar di Sekolah yang bermitra dengan Program Organisasi Penggerak Pintar Penggerak Tanato Foundation, kunjungan di fokuskan ke SMPN 3 Tapung Desa Petapahan, Kecamatan Tapung,” dikatakan Pj Bupati Kamsol, Tapung, Senin (4/7/2022).

Kunjungan ke SMPN 3 Tapung terlebih dahulu Pj Bupati Kamsol bersama Dirjen melakukan dialog meninjau beberapa stand pojok baca dan stand Aksi Peningkatan Alisterasi Kegiatan Siswa (Aplikasi), Perpustakaan dan Praktek proses pembelajaran dibawah Tanoto Foundation sebanyak 22 sekolah se-kabupaten Kampar.


Sebelum sambutan dari Dirjen, Pj Bupati Kamsol menyampaikan kata ucapan selamat datang di Kabupaten Kampar Kepala Dirjen Dr. Iwan dalam rangka kunjungan kerjanya.

Kamsol menjelaskan, bahwa konsep Sekolah Menuju Merdeka Belajar adalah dengan membangun Ekositen. Dimana dasar ekosistem pendidikan digital, dibangun melalui kerjasama yang solid antar pemerintah, sekolah, keluarga, dan siswa dalam menciptakan proses pembelajaran di sekolah.

“Dengan cara kerjasama yang solid antar Pemerintah, Sekolah, Keluarga dan Siswa ini, diharapkan juga nantinya  dapat tercipta digitalisasi ekosistem pendidikan khususnya di Kabupaten Kampar, ucap Kamsol.


Selain itu, Pj Bupati Kamsol juga menyampaikan ucapan ribuan terimakasih atas kerja sama atas binaan yang dilakukan oleh Tanato Foundation kepada 22 Sekolah yang ada di Kabupaten Kampar.

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan RI Dr. Iwan Syahril dalam dialog usai menanggapi pertanyaan beberpa para Kepsek, menjelaskan bahwa Seorang guru yang bisa menjadikan siswa dan sekolah lebih maju, terlebih dahulu para guru harus memahami Filosofi Kihajar Dewantara.

Dimana filososi tersebut adalah “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani,” yang artinya di depan memberi contoh yang baik, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan, kata Dirjen.

“Maknanya, seorang guru harus membekali diri dulu sebaik mungkin dalam ilmu pendidikan atau sumber daya manusia yang mumpun, kemudian memiliki semangat mengajar dalam menggerakan minat belajar siswa,” ungkap Iwan.

Selain Pj Bupati Kampar kunjungan tersebut turut hadir Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Ario Widiowati, Plh Kadisdikpora Aidil, Kadis PU PR Afdal, ST, Kadis Kominfo Yuricho Efril, Kadis Sosial Muhammad, M.Si, Kasatpol PP Nurbit, Camat Tapung Sofiandi, Kepsek SMPN 3 Tapung Yasri, S.Pd serta beberapa Kepsek dibawah Tanato Foundation***(Red)

print

Check Also

Putri Kampar, Rahmanda Nathasa Raih Juara 3 pada Ajang Bergengsi Remaja Tingkat Nasional 2022

Bangkinang, BerkasRiau.com – Berangkat dari dukungan dan support dari Penjabat Bupati Kampar dan seluruh elemen …