Thursday , March 28 2024
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Ritual Bakar Tongkang, Polres Rohil Kerahkan Personel untuk Pengamanan

Ritual Bakar Tongkang, Polres Rohil Kerahkan Personel untuk Pengamanan

ROHIL,BerkasRiau.com – Polres Rohil kerahkan Personel untuk melakukan pengamanan acara sembahyang ritual bakar tongkang yang digelar oleh masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi, Sabtu 19 Juni 2022 pukul 15.55 WIB.

Pengamanan oleh Personel Polres Rohil, Polsek Bangko jajaran, juga bergabung bersama dengan Personel Koramil 01/Bangko Kodim 0321/Rohil ini, dilakukan mulai dari klenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko, hingga menuju areal pembakaran Tongkang di Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK yang dikonfirmasi melalui Kasi Humas Polres Rokan Hilir AKP Juliandi SH. Menjelaskan pengerahan personel guna melakukan pengamanan di acara yang juga menjadi ikon Kabupaten Rokan hilir ini.

Telah dilakukan Pengamanan Ritual Bakar tongkang oleh Personel Polres Rohil, Polsek jajaran Dan Personel Koramil 01/Bangko,” ungkapnya.

Pengamanan yang dilakukan dalam sejumlah rangkaian kegiatan yakni pawai atau arakan yang dilakukan oleh tokoh agama tionghoa beserta warga tionghoa Bagansiapiapi lainnya dengan membawa kertas sembahyang dari klenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap Kelurahan Bagan Timur menuju lokasi bakar tongkang Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko dan selanjutnya melakukan pembakaran kertas sembahyang dilokasi tersebut,” jelas Kasi Humas Polres Rokan Hilir ini.

Termasuk sebelum pembakaran Tongkang, Replika Tongkang di arak melewati klenteng Ing Hok King Jalan Klenteng Kelurahan Bagan Kota sekaligus ritual sembahyang atau berdoa kepada dewa dan kemudian menuju kelokasi pembakaran replika tongkang yakni di jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Timur Kecamatan Bangko,” jelasnya.

Selain itu, juga termasuk dalam rute arak-arakan ritual Bakar Tongkang yaitu start di Kelenteng Nam Ki Tuah Jalan Siakap ke Jalan Pahlawan Hilir, terus ke Jalan Sumatera dan ke Jalan Aman, lalu kemudian ke Jalan Kelenteng kemudian menuju ke Jalan Perdagangan dan terus lagi ke Jalan Perniagaan Serta Finish- nya di areal Pembakaran Tongkang tepatnya di Jalan Perniagaan Kelurahan Bagan Barat.

“Dan selama kegiatan ini berlangsung situasi aman dan kondusif.,” pungkas AKP Juliandi.

Untuk diketahui acara yang sempat tertunda selama 2 tahun karena pandemi covid-19 ini sendiri dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani SH MTr (Han), Ketua DPRD Rohil Maston, Kejari Rohil Yuliarni Appy SH MH.

Para asisten Dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Para Pejabat Tinggi Pratama, Jabatan administrator dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rohil, Ketua Multi Marga Tionghoa Bagansiapiapi Rendy Gunawan dan anggota serta Masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi yang melaksanakan Sembahyang Ritual Bakar Tongkang.(hms/ton)

print