Wednesday , July 6 2022
Home / Daerah / PEKANBARU / 3 Wartawan Senior & 1 Praktisi Hukum Jadi Nara Sumber Pelatihan Jurnalistik PJC di Pekanbaru

3 Wartawan Senior & 1 Praktisi Hukum Jadi Nara Sumber Pelatihan Jurnalistik PJC di Pekanbaru

PEKANBARU, BerkasRiau.com – Pelatihan Jurnalistik Tingkat Redaktur yang ditaja Lembaga Pendidikan Wartawan, Pekanbaru Journalist Center (PJC) Sabtu (16/4/2022) di Ball Room, Hotel New Hollywood berlangsung sukses.

Pelatihan bertema: “Peningkatan Kompetensi & Propesionalisme Wartawan”, itu diikuti 35 wartawan dari puluhan media di Prov. Riau.

Pelatihan yang berlangsung dari pukul 13.00 WIB hingga Pukul 18.00 WIB itu dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Jaringan Media Syber Indonesia (JMSI), Ir. Yanto B Situmeang.

Acara pelatihan sekaligus Buka Puasa Bersama dan diakhiri acara hiburan tanding vokalis dengan iringan musik “karaoke”.

Ketua Panitia Pelaksana, Asmanidar H.Zainal, SH yang juga tampil sebagai salah seorang Narasumber menyebut, pelatihan itu merupakan realisasi program dan misi PJC memberi pencerahan bagi Insan Pers.

“Jika waktu sebelumnya, pelatihan gratis diberikan PJC dengan skala kecil untuk mahasiswa Riau, di Gedung PJC, kini ditingkatkan kapasitas, jumlah peserta dan tempat pelatihan,” katanya.

Pelatihan PJC kali ini, katanya menghadirkan 4 Narsumber: Tiga dari Wartawan Senior serta satu dari Praktisi Hukum.

Keempat Narasumber itu: Kesatu, Direktur Utama PJC, Drs. Wahyudi El Panggabean, MH., mantan Wartawan Majalah FORUM Keadilan, Jakarta dan mantan Pemimpin Redaksi SKH Media Riau.

“Pak Wahyudi mengusung materi pelatihan tentang ‘senjata’ wartawan bernama ”konfirmasi’. Ini bagian dari kolaborasi Kode Etik Jurnalistik dan Strategi Menembus Narasumber,” katanya.

Kedua, Irwan Efendi Siregar, Mantan Wartawan Majalah TEMPO yang mengetengahkan teknik menulis berita menarik bagi media cetak di era menjamurnya media berita on-line.

Ketiga, Asmanidar, S.H., seorang Praktisi Hukum yang sejak puluhan tahun silam mengabdikan aktivitasnya mendalami Hukum Pers (Delik Pers).

Keempat, Wakil Ketua, JMSI Riau, Ir.Yanto B Situmeang yang juga Wakil Pemimpin Umum Berazam.Com membawakan materi: Kode Etik Jurnalistik Indonesia & Perilaku Wartawan.

Dua Direktur Cabang PJC juga hadir di acara ini. Direktur PJC Kota Dumai, Ganda Jaya Siregar beserta Direktur Pendidikan PJC Kota Dumai, Cipto Setiawan hadir mengapresiasi acara.

Direktur PJC Kabupaten Rokan Hilir, Rahmad Sutiono alias Memed juga tampak hadir. Acara ini juga menghadirkan Undangan Kehormatan, yakni: Komandan Unit Intel Kodim 0301/Pekanbaru, Kapten T. Marpaung.

“Ini acara yang sangat urgen di era Medsos nyaris lepas kendali saat ini. Pelatihan ini hadir pada saat yang tepat,” ujar Marpaung saat memberi sambutan.

“Acaranya sangat keren dan luar biasa,” kata Pemimpin Redaksi SKH RADAR, Abdul Kadir, S.Pd., M.Pd., M.I.Kom, yang ikut hadir di acara tersebut.

“Saya merasa pelatihan ini sangat mantap.dan ilmu yang kami peroleh sangat bermanfaat untuk diterapkan di lapangan,” kata Pemimpin Redaksi VisiIndonesia.Com, Nata Nyo.

“Pelatihan PJC kali ini sungguh luar biasa. Semua Nara sumber tampil elegan, heroik dan bersemangat membuat peserta termotivasi,” ujar Pemimpin Redaksi Satuju.Com, Romi.

Romi yang juga Alumni PJC itu berharap pelatihan PJC di waktu mendatang bisa lebih mantap lagi. “Semoga terwujud,” kata Romi.

Begitu juga yang disampaikan salah seorang peserta lainnya, menyampaikan kegembiraannya bisa hadir dan mengikuti pelatihan ini, walau dalam waktu singkat banyak ilmu yang kami dapat dari orang-orang berpengalaman sore hari ini, semoga ilmu yang kami peroleh dapat kami emplementasikan dimedia kami kedepannya “Ucap Bidayat IL Yasin seorang Redaktur Media Online Redaksi86.com.

Selain beroleh ilmu jurnalis empiris, para peserta pelatihan mendapatkan sertifikat, buku jurnalistik dan dana transport ala kadarnya.**

print

Check Also

Perang Terhadap Narkoba, Polda Riau Kembali Bekuk 17 Tersangka dengan Barang Bukti 48 Kg Sabu

Pekanbaru,BerkasRiau.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, meringkus sedikitnya 17 orang yang ditenggarai terlibat dalam …