Wednesday , July 6 2022
Home / Advertorial / Beberkan Tips Bekerja Saat Berpuasa, Kadis Akur juga persembahkan Sajadah Ketapang

Beberkan Tips Bekerja Saat Berpuasa, Kadis Akur juga persembahkan Sajadah Ketapang

PEKANBARU,BerkasRiau.com– Umat Muslim akan dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seantero bumi, tak terkecuali di kota Pekanbaru termasuk bagi aparatur di Disketapang. Selain menjalankan satu di antara rukun Islam, pada bulan tersebut umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan karena pintu pahala terbuka lebar. Satu diantara amalan sederhana yang dapat dapat dilakukan saat bulan Ramadan adalah dengan saling mengucapkan salam dan nasihat menasehati. Sejurus dengan hal dimaksud pada Jum’at siang (01/04/2022) menjelang pelaksanaan Ibadah Sholat Jum’at seusai acara penyambutan akademisi UNDIP Semarang, Kepala Disketapang Alek Kurniawan, SP, M.Si beserta segenap karyawan dan karyawati di Lingkungan Disketapang Pekanbaru melakukan kegiatan ramah tamah menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H. Acara yang ditaja secara sederhana ini berjalan khidmat dan diliputi suasana silaturahmi.

Atas nama pribadi dan kedinasan, sosok yang aktif bersepeda tersebut menyampaikan permohonan maaf dan mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H kepada seluruh ASN dan THL di Lingkungan Dinas Ketahanan Pangan Pekanbaru.

“Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1443 Hijriah bagi rekan-rekan di Ketapang, Marhaban Ya Ramadhan, Mohon Maaf Lahir dan Batin” Ucap Kadis Akur, sebutan beken Kadis Ketapang belakangan ini.

Lebih lanjut Eks. Kepala BPKAD Pekanbaru ini menyampaikan bahwa Ibadah puasa merupakan ibadah sekaligus ujian bagi umat muslim khususnya dalam mengendalikan hati dengan baik. Selain secara religi harus dituntut untuk berfikir positif kepada siapapun, tetap ikhlas dan tanggung jawab saat menjalankan pekerjaan, jam kerjapun juga harus dipatuhi.

“Jangan karena puasa, datang ke kantor terlambat. Mari tetap laksanakan tugas dan tanggung jawab dengan tetap memberikan kinerja terbaik,” ujar Akur yang juga Ketua ISSI Pekanbaru ini.

Hal itu ditekankan Sang Nakhoda Ketapang tersebut merujuk telah diterbitkannya Surat Edaran Walikota Pekanbaru Nomor 800/BKPSDM-PKAP/577/2022 tentang Pemberitahuan jam kerja pada Bulan Ramadhan Tahun 1443 H/ 2022 M di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Dalam suasana santai namun tetap khidmat, Akur yang juga Ketua IKA SKMA Pengda Riau Periode 2022-2207 ini, tak mempungkiri kondisi Bulan puasa memiliki tantangan tersendiri bagi seseorang pekerja yang juga sedang berpuasa. Tak jarang barangkali merasa kinerja menjadi turun karena kurangnya konsentrasi, boleh jadi ini disebabkan karena harus menahan lapar dan haus di siang hari, ditambah juga dengan menjaga emosi dan agar selalu berpikiran positif.

Namun meskipun demikian, Kadis Akur mengajak seluruh anggota timnya tetap memberikan performa terbaik meskipun sedang menjalani ibadah puasa. Bahkan Kadis Akur membagikan beberapa tips sederhana diantaranya dengan Sahur dan berbukalah dengan menerapkan pola B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman), Berangkat lebih awal karena suasana masih agak sejuk (belum panas terik), Prioritaskan pekerjaan dengan mengurutkan pekerjaan berdasarkan prioritas yang paling utama, agar dapat menghemat waktu untuk melanjutkan ke pekerjaan lainnya atau juga dapat memulai dari pekerjaan kecil terlebih dahulu agar terasa lebih cepat dan mudah serta yang terpenting ucap kadis akur; Gunakan waktu istirahat dengan baik misalnya saja dengan tidur sejenak selama 10-20 menit setelah sholat zuhur, namun Akur menekankan jangan sampai kebablasan tidur, justru tidur terlalu lama akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lemas.

“Yang penting jangan malas-malasan, karena kegiatan-kegiatan positif yang dilaksanakan selama Ramadhan akan diganjar pahala” tegasnya.

Tak hanya sampai disitu, “tidak Kadis Akur Namanya” kalau tidak ada hal yang baru yang disampaikan, dalam kesempatan tersebut dia juga memperkenalkan program Ramadhan ala Ketapang yang dinamainya dengan tajuk “Sajadah Ketapang” alias singkatan dari Sajian Paket Ramadhan Berkah ala Dinas Ketahanan Pangan.

Sajadah Ketapang merupakan turunan dari produk-produk kehumasan yang ditelurkan oleh Tim Disketapang Berkabar yang keberadaanya sudah ditetapkan lewat Keputusan Kadis Ketapang satu tahun yang lalu. Lebih lanjut Kadis Akur memperkenalkan persembahan Sajadah Ketapang tersebut yaitu:

Paket Sajadah Ketapang 1 merupakan Video Ucapan Menyambut bulan Suci Ramadhan yang berdurasi 3 menitan yang pengambilan gambarnya di Mesjid Agung Ar Rahman Jl Jend Sudirman. Selanjutnya juga ada Paket Sajadah Ketapang 2 merupakan video untuk Stori Instagram/ Facebook (durasi 15 detik); Paket Sajadah Ketapang 3 merupakan video untuk story di Whats App dengan durasi 30 detik yang dapat digunakan siapapun dimedsosnya masing-masing, Paket Sajadah Ketapang 4 adalah lembaran Imsakiyah Ramadhan ala Ketapang yang juga berisikan tips-tips sahur dan berbuka ala B2SA, Paket Sajadah Ketapang 5 adalah Video klip singkat ajakan berbuka dan sahur dengan pola B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) yang akan ditayangkan satu jam-an sebelum waktu berbuka setiap harinya pada bulan Ramadhan dan Paket 6 berupa link twibbon ramadhan Ketapang Pekanbaru.

“Silahkan dipilih ini, Bpk/Ibu. Alhamduillah kita ada 6 Paket Sajadah Ketapang nih. Pembeda dengan yang lainnya, kita akan selipkan tusi-tusi kita disana misalnya saja ajakan konsumsi B2SA” sebut Akur dengan ajakan sumringahnya.

Kadis Akur mengajak semua anggota organisasi di Disketapng untuk memperbaharui informasinya dengan tetap senantiasa melansir terus medsos Ketapang yang dilancarkannya lewat candaan disertai ajakan berbau selorohan ringan ala sersan “Serius tapi Santai”.

“Semoga saja, puasa tahun ini mendapatkan ridho-Nya dan ikhlas menjalankannya. Jangan sampai sebaliknya ya, Bpk/Ibu. Jangan salah, lho; keberkahan puasa akan mendorong kita untuk lebih rajin lagi, dengan motivasinya dari setiap amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya. ” tutup Akur mengakhiri sambutannya.

Acara ditutup dengan acara makan siang bersama dan saling bermaaf-maafan antar sesama.(Disketapang/ Af)

print

Check Also

Perang Terhadap Narkoba, Polda Riau Kembali Bekuk 17 Tersangka dengan Barang Bukti 48 Kg Sabu

Pekanbaru,BerkasRiau.com – Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau, meringkus sedikitnya 17 orang yang ditenggarai terlibat dalam …