Tuesday , May 17 2022
Home / Daerah / K A M P A R / KPU Kabupaten Kampar Laksanakan Rapat Koordinasi DPB

KPU Kabupaten Kampar Laksanakan Rapat Koordinasi DPB

Bangkinang, BerkasRiau.com – KPU Kabupaten Kampar melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode Bulan Desember Tahun 2021, di Aula Kantor KPU Kabupaten Kampar, Kamis (30/12/2021).

Kegiatan PDPB ini bertujuan untuk melakukan pemutakhiran Daftar Pemilih secara berkelanjutan setiap bulannya untuk mendapatkan data pemilih yang akurat dan berkualitas untuk Pemilu 2024 mendatang.

Hadir dalam Acara tersebut Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni, Anggota KPU Divisi Program dan Data, Andi Putra, Divisi Teknis, Ahmad Dahlan, Sekretaris KPU Kabupaten Kampar, Syafrizal dan jajarannya, Komisioner Bawaslu Kabupaten Kampar, Hadi Edward, Maharliman, Amin Hidayat dan Witra Yeni, Disdukcapil, Kapolres Kampar, Dandim 0313 KPR, Kesbangpol, Ka Lapas kelas II Bangkinang, Dinas Kesehatan, sejumlah Pimpinan partai politik di wilayah Kabupaten Kampar.

Ketua KPU Kabupaten Kampar, Maria Aribeni mengatakan bahwa prinsip kerja pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yaitu, komprehensif yakni semua pemilih yang memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih tanpa adanya diskriminatif dan inklusif.

“Dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang akurat dengan mencatat secara lengkap informasi daftar pemilih secara transparan dan dapat diakses oleh pihak terkait, maka dibutuhkan kerjasama sejumlah pihak,” ujar Maria Aribeni.

Dia juga berharap masukan, saran dan informasi sejumlah stakeholder yang hadir dalam rangka mewujudkan daftar pemilih berkualitas kedepannya.

Sementara Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Kampar, Andi Putra dalam paparannya secara teknis menjelaskan bahwa landasan hukum kegiatan PDPB berpedoman pada Peraturan KPU nomor 06 Tahun 2021.

Dalam peraturan tersebut ada 3 kegiatan utama dalam PDPB, pertama, penambahan pemilih baru yang telah memenuhi syarat yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Baru (DPB)/Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir; kedua perubahan atau perbaikan elemen data pemilih yang telah terdaftar dalam DPB/DPT terakhir; ketiga pencoretan pemilih dalam DPB/DPT terakhir yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih. Untuk bulan Desember 2021,

Lanjut Andi, masyarakat dapat mengecek apakah dirinya sudah terdaftar menjadi pemilih atau belum cukup klik di https://www.lindungihakmu.kpu.go.id.

Jika anda belum terdaftar, silahkan Hubungi Kami atau sampaikan langsung ke kantor KPU Kabupaten Kampar Jalan Tuanku Tambusai No.69 Bangkinang Kota dengan membawa dokumen pendukung KK dan KTP.

Dalam Rapat Pleno KPU Kabupaten Kampar telah ditetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Desember Tahun 2021 sebanyak 476.044 pemilih yang tersebar di 21 Kecamatan dan 250 Desa/Kelurahan, terdiri dari laki-laki sejumlah 241.309 pemilih dan perempuan sejumlah 234.735 pemilih; sementara daftar pemilih baru sebanyak 191 pemilih, dengan rincian laki-laki sejumlah 109 pemilih dan perempuan sejumlah 82 pemilih, yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 35 pemilih, dengan rincian laki-laki sejumlah 25 pemilih dan perempuan sejumlah 10 pemilih. Hasil Rapat Pleno tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor : 054/PL.02.1-BA/1401/2021 Tanggal 30 Desember 2021. (ad)

print

Check Also

LAMR Kampar Awali Safari Ramadhan Pertama di Kecamatan XIII Koto Kampar

Kampar, BerkasRiau.com – Ketua Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR ) Kampar Dr. KH. Muhammad …