Tuesday , November 24 2020
Home / Daerah / K A M P A R / Kelompok Tani Hutan Sebar Binaan Kodim 0313/KPR Dikunjungi Menteri LHK

Kelompok Tani Hutan Sebar Binaan Kodim 0313/KPR Dikunjungi Menteri LHK

Kampar, BerkasRiau.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) Siti Nurbaya Bakar, Jum’at (13/11/2020) meresmikan kebun bibit Desa Mukti Sari, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, sekaligus menyerahkan bantuan berupa truck pengangkut sampah, sepeda motor pengangkut sampah dan Bank Pesona.

Dalam acara tersebut hadir Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Agung Setya IE, Kasrem 031/WB Junaidi, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kasdim 0313/KPR Gunawan, Kapolres Kampar muhammad Kholid, Camat Tapung Amriyudo, Camat Tapung Hulu Sutani, Kepala Desa Mukti Sari Mardi, Ketua Kelompok Tani KBD Joko Sutarman, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda.

Siti Nurbaya Bakar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada jajaran Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, KTH, LSM, PKSM, Para Rimbawan-Rimbawati serta seluruh lapisan masyarakat atas komitmen dan kerjasama yang baik dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada Provinsi Riau karena telah mengatasai kebakaran hutan dan lahan dan juga terima kasih atas kebersamaan melaksanakan program yang sesuai dengan program pusat.

“dalam pembangunan, kita harus berjalan beriring, terlebih lagi menyangkut pemulihan lingkungan, apa yang dibuat saat ini, seperti pembibitan, sangat mendukung untuk pemulihan tersebut,” ujarnya.

Kelompok Tani Sebar merupakan Binaan Kodim 0313/KPR dalam hal ini Koramil 16/Tapung sebagai pelaksana pendampingan dalam mewujudkan hutan yang lestari dan kesejahteraan rakyat, kata Taufik, Danramil 16/Tapung.

KBD adalah unit persemaian sederhana yang dibangun di Desa melalui fasilitasi UPT Ditjen PDASHL Kementerian LHK. Program KBD ini telah dimulai sejak tahun 2019. Untuk wilayah kerja BPDASHL Indragiri Rokan yang meliputi Provinsi Riau dan Sumatera Barat telah dibangun sebanyak 37 unit KBD pada tahun 2020 dengan jumlah bibit sebanyak 1.480.000 batang, termasuk salah satunya yang ada di Desa Muktisari dan menjadi objek kunjungan Menteri karena dinilai yang terbaik.

Jenis bibit di KBD Muktisari diantaranya Petai, Matoa, Pinang, Mahoni, Cempedak, Manggis, Gaharu, Tampui, Durian, Aren, Nyamplung, dan Ketapang Kencana.

Kelompok Tani Hutan Sendang Berkah Aryasatya atau KTH SEBAR, diketuai oleh H. Kijan dan memiliki anggota aktif 40 orang yang selalu didampingi Babinsa Sertu Anas .

KTH Sebar menjalin mitra dengan banyak kalangan untuk melakukan kegiatan penghijauan sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Diantaranya dengan TNI, Polri, dan swasta.

Awal Oktober 2020, melalui fasilitasi Korem 031/WB dan Kodim 0313/KPR, pertama kali masuk usulan KBD ke BPDASHL Indragiri Rokan, diwakili oleh KTH SEBAR, ujarnya.(Syailan Yusuf)

print

Check Also

Tingginya Curah Hujan, Polres Kampar Ingatkan Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Kampar, BerkasRiau.com – Tingginya curah hujan akhir-akhir ini dikhawatirkan dapat menimbulkan musibah banjir seperti pada …