Tuesday , July 7 2020
Home / Daerah / ROKAN HILIR / LAM Riau Kawasan Salurkan Bantuan Rp13 Juta untuk Korban Kebakaran di Balai Jaya

LAM Riau Kawasan Salurkan Bantuan Rp13 Juta untuk Korban Kebakaran di Balai Jaya

ROHIL,BerkasRiau.com – Sebagai bentuk kepedulian untuk membantu meringankan beban korban musibah kebakaran, Pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Kawasan memberikan bantuan senilai Rp13,300 juta.

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Kerapatan Majelis Adat, Datuk H Syamsudin Ahmad, pada Selasa (30/6/20) kemaren. Bantuan telah diberikan untuk warga yang mengalami musibah di Kelurahan Balai Jaya Kota, Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam penyerahan bantuan ini, Ketua Majelis Kerapatan Adat Datuk H Syamsudin Ahmad, turut didampingi Ketua Umum Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk H Syafrizal, Sekretsris Umum DPH Datuk Saufi Spd, dan Jajaran Pengurus Rusman S Ag, As’ari Toha yang disaksikan oleh perwakilan dari Kantor Camat Balai Jaya, Kasi Kessos Tuan H Ilham SPd.

Ketua umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan, Datuk H Syafrizal mengatakan bantuan yang disalurkan oleh Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan itu bersumber dari sumbangan keluarga besar Melayu yang terhimpun didalam Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan baik yang berdomisili di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Bagan Sinembah Raya.

Tak hanya itu, lanjutnya, serta warga Melayu yang tinggal dibeberapa daerah dan dari semua unsur kalangan baik Kalangan Muda Kalangan Tua, Tokoh Melayu, Ulama dan Cindikiawan, “Bahkan, ada sumbangan dari warga melayu yang bertempat tinggal di Jakarta, Pekanbaru, Bengkalis, Dumai, Duri, Kubu Medan. Bahkan ada juga saudara kita yang tinggal di Negara India juga turut ikut bagian dalam kegiatan amal ini,” ungkap H Syafrizal.

Menurut Datuk H Syafrizal, bantuan yang diserahkan adalah bentuk kepedulian pengurus LAM Riau Kawasan kepada warga Melayu yang mengalami musibah. LAM Riau Kawasan juga akan berusaha selalu hadir ditengah masyarakat pemilik negeri, baik yang tinggal di Kecamatan Bagan Sinembah, Kecamatan Balai Jaya, Kecamatan Bagansinembah Raya, maupun yang ada di Kecamatan Kecamatan lainnya.

“Bantuan yang disalurkan ini menjadi bukti bahwa pengurus LAM Riau Kawasan tidak pernah melupakan keluarganya. Ini menunjukkan bahwa LAM Riau Kawasan tetap eksis serta tetap berusaha melakukan yang terbaik untuk warganya,” papar H Syafrizal.

Selain dari ucapan terima kasih juga disampaikan Datuk Syafrizal, kepada Camat Kecamatan Bagan Sinembah Raya HM Yusuf MSI, Camat Kecamatan Balai Jaya Syamsuhir Spd dan Camat Kecamatan Bagan Sinembah yang juga telah memberikan dukungan sepenuhnya dalam kegiatan amal ini.

Dikesempatan yang sama, Sekretaris MKA Lembaga Adat Melayu Riau Kawasan Datuk Said Khairuddin Phd mengucapkan terima kasih kepada Tuan dan Puan, seluruh Pengurus dan warga Melayu yang telah memberikan bantuan untuk korban kebakaran tersebut.

“Atas nama Keluarga Besar Masyarakat Melayu yang ada di 3 Kecamatan kita sangat berterima kasih kepada saudara-saudara kita, meskipun tempat tinggal mereka jauh namun karena semangat kebersamaan bantuan tersebut tetap didonasikan,” ujarnya.

Datuk Said Khairuddin berharap bantuan yang diberikan kepada keluarga korban musibah dapat kiranya dipergunakan dengan sebaik baik mungkin, “Harapan kita semua agar keluarga korban tidak berlarut larut dalam kesedihan serta dapat menjalankan aktivitas kehidupan seperti biasanya,” pesanya.

Ditegaskan Datuk Said juga, bahwa LAM Riau Kawasan adalah lembaga yang beranggotakan seluruh elemen masyarakat tidak membatasi dari suku mana saja, baik berasal dari suku Batak, suku Jawa, Madura dan suku suku lainnya bisa menjadi anggota dilembaga adat Melayu Riau Kawasan itu tentu dengan syarat dan ketentuan yang ada di lembaga Adat Melayu Riau Kawasan.

“Sekali lagi pada kesempatan ini saya menghimbau agar semua warga khususnya di tiga Kecamatan ini bisa bergabung di Lembaga Adat Melayu Riau yang merupakan wadah tempat berhimpunnya kita semua,” tambahnya.

“LAM Riau Kawasan sebagai tuan negeri maka dari itu kami selalu mengayomi warga masyarakat yang ada tinggal di wilayah kami. Begitu juga kepada LAM Riau yang ada di Kabupaten, Kecamatan Kecamatan lainnya. Mari saling bahu membahu, dukung mendukung agar kita sebagai tuan negeri pemilik kampung bisa melindungi masyarakat yang ada tinggal di negeri ini,” ucap Said.(ton)

print

Check Also

Peringati HUT Bhayangkara ke-74, Polres Rohil Gelar Syukuran Potong Tumpeng

ROHIL,BerkasRiau.com – Rangkaian acara peringati Hari Bhayangkata ke-74, pada 1 Juli. Polres Rohil menggelar syukuran …