Sunday , July 12 2020
Home / Lingkungan / Kampar Terima 6.825 Ha SK Perhutanan Sosial dari Presiden Jokowi 

Kampar Terima 6.825 Ha SK Perhutanan Sosial dari Presiden Jokowi 

Siak, BerkasRiau.com – Kabupaten Kampar menerima 6.825 Hektar lahan perhutanan sosial yang akan dibagikan kepada 1536 kepala keluarga di lingkungan hutan yang ada di beberapa titik di Kabupaten Kampar.

Demikian dikatakan Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto,SH usai mengikuti penyerahan SK perhutanan sosial yang diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo kepada perwakilan masyarakat yang dilaksanakan di Taman Rekreasi Tahura, Kabupaten Siak, Jumat (21/2).

Dikatakan Catur, diberikannya SK Perhutanan Sosial ini bertujuan untuk pemerataan ekonomi masyarakat dengan cara mengolah hutan tersebut menjadi lahan yang produktif hingga berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

“Olahlah hutan yang diberikan tersebut dengan menanam tanaman yang bermanfaat dan menghasilkan, seperti, aren, tanaman buah dan lainnya yang dapat menambah nilai ekonomis,” ujar Catur.

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam arahannya menjelaskan bahwa, di Indonesia terdapat 12,7 juta hutan adat dan 4 juta hektar sudah kita serahkan SK pengolahannya kepada masyarakat.

Sedangkan untuk di Provinsi Riau sendiri baru saja diserahkan SK lahan perhutanan sosial seluas 73.670 hektar untuk 20.890 kepala keluarga yang diberikan kepada 12 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Riau.

“Semoga lahan yang sudah diserahkan SK-nya ini bisa segera diolah, jangan dijadikan lahan tidur, karena kedepan akan kita evaluasi, kalau lahan tersebut tidak diolah dengan baik, maka SK-nya akan kita cabut kembali dan diberikan kepada warga lain yang juga membutuhkan, semoga program ini benar-benar bisa membantu perekonomian masyarakat khususnya yang berada di Provinsi Riau ini,” harap Joko Widodo.(Disk/Rano)

print

Check Also

Citra Satelit Deteksi 28 Titik Panas di Riau

Pekanbaru, BerkasRiau.com – Pada tanggal 31 Maret 2020, pukul 06.00 pagi, citra satelit mendeteksi sebanyak …