Thursday , April 2 2020
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Wabup Rohil Serahkan Katu KIS-JKN untuk 4.750 Warga Balai Jaya

Wabup Rohil Serahkan Katu KIS-JKN untuk 4.750 Warga Balai Jaya

ROHIL,BerkasRiau.com – Ribuan warga kurang mampu di Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 4.750 buah dari Pemerintah.

Bagi peserta KIS-JKN tersebut, secara simbolis diserahkan oleh Wakil Bupati Rohil, Jamiludin di komplek Puskesmas Balai Jaya, tepatnya kilometer 38 Jalan Lintas Riau-Sumut, Sabtu (15/2/2020).

Jamiludin mengatakan, bahwa kartu KIS-JKN dan PKH merupakan program pemerintah sebagai jaminan kesehatan terhadap masyarakat yang kurang mampu. Dengan kartu tersebut, masyarakat dapat berobat serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis baik di puskesmas maupun rumah sakit.

“Saya harap agar masyarakat dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Bagi yang masyarakat penerima program PKH agar dapat menggunakan bantuannya sesuai kebutuhan dan manfaat,” ujarnya.

Program ini, tambah Wabup, adalah untuk menuju terwujudnya masyarakat indonesia yang adil dan sejahtera.

Camat Balai Jaya, Samsuhir dikesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah pusat, dan pemerintah daerah Rohil yang telah memberikan anggaran dana untuk program jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu dengan melalui anggaran APBD dan APBN.

“Ini bukti nyata kepedulian pemerintah terhadap warga dengan memberikan jaminan kesehatan secara gratis,” Kata Camat Samsuhir.

Ia juga menjelaskan, adapun jumlah 4.750 peserta KIS-JKN itu dengan rincian 2.775 KIS yang anggarannya bersumber dari APBD Rohil dan 1.970 kartu JKN bersumber dari APBN.

“Alhamdulillah, selain memberikan kartu sehat, pemerintah dalam kesempatan ini juga memberikan kartu PKH dan melakukan sunat massal terhadap 150 anak serta pemeriksaan Iva Tes secara gratis,” sebut dia.

“Dengan diberikannya kartu KIS-JKN dan PKH, tentu ini sangat membantu beban masyarakat khususnya bagi warga yang kurang mampu. Kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan menggunakan program ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Samsuhir.(ton)

print

Check Also

ODP Covid-19 di Rohil Menjadi 1.705 dan 2 Orang PDP

ROHIL,BerkasRiau.com – Terkait penanganan virus corona disease (Covid-19) di Kabupaten Rokan Hilir, Riau terus mengalami …