Saturday , October 19 2019
Home / Lingkungan / Sumber Air Menjadi Kendala Pemadaman Karhutla di Tambang

Sumber Air Menjadi Kendala Pemadaman Karhutla di Tambang

KAMPAR, BerkasRiau.com – Sumber air menjadi salah satu kendala dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Kemarau panjang mengakibatkan munculnya beberapa titik api diwilayah Rimbo Panjang. Titik api di lahan gambut menjadi penyumbang bencana asap, kata anggota Koramil 07/Kampar, Kodim 0313/KPR yang tergabung dalam Tim1 Subsatgas 6 Kecamatan Tambang, Pelda Azhar Hasibuan, Rabu (11/9/2019).

Guna mengantisipasi meluasnya Karhutla yang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, upaya Mitigasi terus dilakukan, sumber air menjadi salah satu kendala, ungkapnya.

“Saat ini, kita lagi memfokuskan pemadaman titik api di lokasi bergambut, dibelakang Perumahan Mustamindo Desa Rimbo Panjang,” tuturnya.

Titik api dilahan gambut sangat.sulit untuk dipadamkan, terlebih ditiup angin kencang yang menambah besarnya titik api, hal ini harus segera ditangani sebab menjadi penyumbang banyaknya asap.

Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena dapat memicu munculnya titik api dan asap. “Kami tidak akan segan-segan untuk menangkap dan memproses pelaku Karhutla,” tegasnya. (Syailan Yusuf)

print

Check Also

DLH Kampar Siap Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup, Ini yang Dilakukan 

KAMPAR, BerkasRiau.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kampar menyatakan komitmennya dalam menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup …