Saturday , September 21 2019
Home / Hukrim / YLBHR Ajukan ke Presiden agar Lahan Jimmy Dijadikan Perhutanan Sosial untuk Masyarakat 

YLBHR Ajukan ke Presiden agar Lahan Jimmy Dijadikan Perhutanan Sosial untuk Masyarakat 

KAMPAR, BerkasRiau.com – Sudah empat tahun gugatan legal standing dimenangi Yayasan Lingkungan dan Bantuan Hukum Rakyat (YLBHR) atas lahan milik Jimmy alias Ahua, namun lahan seluas 574,6 hektar itu masih dikelola dengan bebas oleh Jimmy alias Ahua.

“Untuk itu dengan adanya program pemerintah untuk rakyat, YLBHR akan menyerahkan kepada Presiden Jokowi agar lahan tersebut diesekusi dan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan sebagai perhutanan sosial,” ujar Ketua YLBHR Dimpos TB, didampingi Kuasa Hukum YLBHR Suandi SH, Senin (9/9/2019) di Bangkinang Kota.

Lahan yang dikuasai terbukti berada di dalam kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Batang Lipai, tanpa izin resmi. Untuk itu Jimmy alias Ahua diperintahkan menyerahkan lahan yang dikuasainya kepada negara.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang pada tanggal 12/10/2015 yang lalu sudah menghukum tergugat I (Jimmy) menyerahkan objek perkara sengketa kepada negara dalam keadaan kosong, sesuai amar putusannya. Hakim juga meminta agar objek sengketa dikembalikan kepada status dan fungsinya sebagai kawasan hutan dengan melakukan penanaman tanaman kehutanan, ungkapnya.

Lahan yang dialihfungsikan menjadi perkebunan kelapa sawit oleh Jimmy alias Ahua terletak di Dusun Simpang Kare, Desa Padang Mutung, Kecamatan Kampar dengan luas 574,6 hektar.

‘’Karena itu kami dari YLBHR, akan menyerahkan lahan tersebut kepada Presiden Jokowi dan semua kebijakan kami serahkan kepada pemerintah. Sebab kami sudah menjalankan tugas dalam menjaga aset negara yang dikelola tanpa ada izin,” ungkapnya lagi.

Dikatakan Dimpos, ini melanggar Undang-undang Nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan Pasal 17 ayat 2 huruf b yang menyatakan bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan perkebunan tanpa izin menteri di dalam kawasan hutan,” ucapnya. (koranMX/Syailan Yusuf).

print

Check Also

Sedang Taklim, 6 Anggota Polisi Program Riau Gemilang Tangkap Pengedar Shabu

KAMPAR, BerkasRiau.com – Enam anggota Polisi Jajaran Polda Riau yang sedang melaksanakan Program Riau Gemilang …