Friday , April 26 2024
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Antisipasi Banjir, Bupati Rohil Instruksikan Pembongkaran Gorong-gorong

Antisipasi Banjir, Bupati Rohil Instruksikan Pembongkaran Gorong-gorong

ROHIL,BerkasRiau.com– Guna mengantisipasi terjadinya bencana banjir, gorong-gorong yang ada di pusat kota Bagansiapiapi diperbaiki dengan cara dibongkar. Pasalnya, tidak jalannya air menuju ke sungai diakibatkan terjadinya penyumbatan di beberapa garong-garong dan drainase yang ada di Kota Bagansiapiapi.

“Beberapa minggu yang lalu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas PUTR membongkar gorong-gorong dan memperbaiki drainase yang salah satunya dekat Lapangan Koni. Karena di daerah itu sering terjadi kebanjiran hingga membuat lapangan Masjid Agung dan sekolah TK terendam banjir,” kata Bupati Rokan Hilir H Suyatno saat melakukan peninjauan, Selasa (20/8/2019) siang.

Bupati mengungkapkan, setelah dilakukan pembongkaran gorong gorong yang berada di dekat lapangan KONI tersebut dilakukan pengecekan oleh petugas dan menemukan areal yang mengalami penyumbatan.

“Setelah ini dibuka barulah kelihatan kalau arus airnya mengarah ke barat yakni menuju ke laut. Makanya saya sangat yakin dan percaya setelah dibongkar masjid dan TK kedepannya tidak terendam air lagi,” kata Suyatno.

Selain gorong gorong dan drainase di lapangan KONI, titik-titik lainnya yang dianggap terjadi penyumbatan juga akan dibongkar seperti di Jalan Nelayan dan Sungai Pabrik. Ia berharap dengan pembongkaran gorong gorong dan drainase yang ada di pusat kota Bagansiapiapi tidak terendam air lagi.

“Dulunya saat membangun gorong-gorong main timbun saja yang akhirnya jika musim hujan terjadi kebanjiran. Begitu juga titik-titik lainnya juga akan kita bongkar, namun hanya menunggu waktunya saja,” terang Suyatno.

Bupati juga mengimbau masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Letaklah sampah rumah tangga di tempat-tempat yang sudah disiapkan, jangan sampai membuang sampah di parit yang berakibat terjadinya penyumbatan.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan agar daerah kita ini saat musim hujan tidak kebanjiran,” katanya.(ton).

print