Thursday , August 22 2019
Home / SosDikBud / Kadisdikpora Kampar Minta Peran Serta Orang Tua Murid dalam Memajukan Pendidikan 

Kadisdikpora Kampar Minta Peran Serta Orang Tua Murid dalam Memajukan Pendidikan 

KAMPAR, BerkasRiau.com – Guna meningkatkan mutu pendidikan peran serta orang tua murid sangat diperlukan untuk memantau perkembangan anak diluar sekolah.

“Saat ini, banyak orang tua kurang peduli dengan perkembangan pendidikan anaknya disekolah, sehigga tidak tahu akan perkembangan belajar anak,” kata Kadisdikpora Kampar M Yasir saat membuka diskusi kelompok terpumpun (DKT) di Aula Kantor Disdikpora Kampar, Kamis (1/8/2019).

Pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak yakni, orang tua dapat lebih memahami dan mendukung program sekolah. Orang tua dapat berperan aktif dalam mencegah berbagai ancaman yang ada disekitar anak seperti narkoba, kekerasan, pornografi dan lainnya.

Orang tua dapat menyelaraskan kegiatan anak di rumah dan lingkungan sekitar, dapat saling berbagi pengalaman dalam membantu tumbuhkembangkan anak dan dapat memberikan masukan bagi kemajuan sekolah, urai Yasir.

Keterlibatan orang tua di sekolah sangat bermanfaat bagi anak dalam meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan perilaku positif anak, meningkatkan keinginan anak untuk bersekolah dan dapat meningkatkan pencapaian perkembangan anak.

Sementara manfaat bagi orang tua yaitu, dapat memahami tahap perkembangan dan kesiapan belajar anak. Orang tua dapat mengikuti perkembamgan dan memberikan dukungan untuk kemajuan belajar anak, dapat memberikan masukan untuk kemajuan sekolah dan orang tua dapat melakukan pengulangan pembiasaan positif dirumah serta orang tua dapat membantu memajuhkan sekolah.

Manfaat sekolah, mendukung iklim sekolah yang lebih baik, dapat mendukung kemajuan sekolah dan meningkatkan semangat kerja guru, terang Yasir.

Jadi, keterlibatan orang tua di sekolah PAUD, SD, SMP dan SMA/SMK sangat perlu, tuturnya.

Sisi lain, Kadisdikpora Kampar meminta kepada para kepala sekolaj untuk dapat membangun sekolah dengan baik, pergunakan dana BOS sesuai aturan perundangan, gunakan tepat waktu dan SPJ kan, ucapnya.

Sementara, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Dikpora H. Jafar Sodik, M.Si menyampaikan tujuan kegiatan guna menciptakan sekolah ramah anak, ramah lingkungan, anti kekerasan dan mengaktifkan kegiatan pelibatan orang tua dalam proses pendidikan agar menjadi orang tua hebat (Parenting).

Hadir dalam acara, Perwakilan Kodim 0313/KPR, Perwakilan Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional Kampat, Kepala sekolah PAUD, SD, SMP, SMA/SMK dan orang tua/wali murid. (Syailan Yusuf).

print

Check Also

Bupati Kampar Buka Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah III Kampar 2019

KAMPAR, BerkasRiau.com – Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto diwakili Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan …