Thursday , June 20 2019
Home / Daerah / K A M P A R / Kakan Kemenag Kampar: Ziarah Kubur Tradisi Masyarakat Bangkinang yang Mendunia

Kakan Kemenag Kampar: Ziarah Kubur Tradisi Masyarakat Bangkinang yang Mendunia

Kampar, BerkasRiau.com – Ziarah kubur setelah puasa enam hari dibulan Syawal, merupakan tradisi masyarakat Bangkinang yang telah mendunia.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Humas Kemenag Kampar Gustika Rahman SPdI, hari rabu (12/06/2019), di Bangkinang.

Alfian mengatakan, Ziarah kubur atau dikenal dengan ayo zora atau aghi ayo onam (hari raya enam) ini, diikuti oleh ribuan masyarakat dari berbagai daerah bahkan manca Negara, seperti dari saudara kita yang berada di Negeri jiran Malaysia, Singapura, bahkan ada dari Arab Saudi. Untuk itu, sudah sepantasnyalah kita melesatarikan tradisi ini, dengan sebaik-baiknya.

Ziarah kubur ini banyak sekali manfaatnya, selain membuat badan kita sehat (karena jalan kaki dari kuburan satu ke kuburan lainnya), juga kita bisa bersua atau berjumpa dengan teman atau sanak saudara yang telah lama tidak berjumpa. Tentunya ziarah kubur ini penuh dengan nuansa kekeluargaan dan identik dengan acara silaturrahim. Yang mana acaranya diakhir dengan makan bajambau di Masjid atau Musholla.

Ziarah kubur ini juga mempunyai banyak keutamaan atau keistimewaan. Keistimewaan Melakukan Ziarah Kubur yang pertama ialah akan mendapatkan Pahala Sunnah karena kita sebagai seorang Muslim telah melakukan apa yang sudah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kedua ialah Ziarah Kubur dapat mengingatkan kita sebagai seorang Muslim akan Kematian dan Akhirat, Nabi Muhammad SAW telah bersabda, ” Berziarah Kuburlah karena itu (Ziarah Kubur) bisa mengingatkan mu akan Akhirat (HR. Ibnu Majah) ” dan didalam Hadist Riwayat Muslim yg berbunyi, ” Berziarah Kuburlah karena itu (Ziarah Kubur) bisa mengingatkan mu akan Kematian (HR. Muslim) ”.

Lalu didalam Keutamaan Ziarah Kubur ketiga ialah dapat melembutkan hati seperti yang telah disebutkan dalam Hadist Riwayat Al Haakim yg berbunyi, ” Dahulu aku pernah melarang km untuk Berziarah Kubur, namun sekarang ketahuilah hendaklah km Berziarah Kubur karena Ziarah Kubur dapat melembutkan hati, membuat Air Mata Berlinang (Menangis) dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat.

Untuk Hikmah atau keutamaan Melakukan Ziarah Kubur yang Keempat ialah Ziarah Kubur mampu membuat Hati tak terpaut akan Dunia dan tidak mementingkan terhadap Gemerlap Duniawi saja (ZUHUD), hal ini telah dijelaskan didalam Hadist Riwayat Al Haakim yang berbunyi, ” Dahulu Aku (Nabi Muhammad SAW) pernah melarang km untuk Berziarah Kubur, tetapi sekarang Berziarah Kuburlah kalian karena Ziarah Kubur dapat membuat kalian ZUHUD terhadap Dunia dan dapat mengingatkan kalian akan Akhirat (Hadist Riwayat Al Haakim no. 1387) ”.

Adapun Manfaat Ziarah Kubur selanjutnya ialah kita sebagai seorang Muslim bisa bersilahturahmi dengan mengunjungi Kuburan (Makam) Bapak, Ibu, Kedua Orang Tua, Saudara, Para Wali, Para Ulama dan Orang – Orang Yang Kita Cintai yang sudah Meninggal Dunia dan membaca Doa Ziarah Kubur untuk mereka semua saat melakukan Ziarah Kubur karena Doa kita sangat dibutuhkan bagi mereka yang sudah meninggal dunia, apalagi Doa dari Anak Sholeh sangat dibutuhkan oleh Bapak, Ibu dan Kedua Orang Tua yang sudah meninggal dunia karena terdapat Tiga Amalan (Ibadah) yang tak akan Putus walaupun sudah Meninggal Dunia yakni Ilmu yang bermanfaat, Sedekah Jariyah dan Doa dari Anak Sholeh (HR. Muslim). (hms/rano).

print

Check Also

Apel Senin Pagi Pemkab Kampar, Diskoinfo dan Persandian sebagai Penyelenggara

Bangkinang, BerkasRiau.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar melaksanakan apel gabungan pada Senin 17 Juni 2019 …