Saturday , September 21 2019
Home / Advertorial / Disdukcapil Rohil Door to Door Melayani Perekaman e-KTP Siswa Siswi Pemilih Pemula 

Disdukcapil Rohil Door to Door Melayani Perekaman e-KTP Siswa Siswi Pemilih Pemula 

ROHIL, BerkasRiau.com – Pemerintah Rohil melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) mendatangi sekolah-sekolah, door to door melayani perekaman e-ktp kepada siswa dan siswi pemilih pemula.

“Target cetakan E-KTP sebanyak 20.000 keping, namun blangko didapat dari pusat sebanyak 4000 keping, itu tidak jadi persoalan jika blangko habis, bisa dijemput, terpenting aktif melayani perekaman,” ungkap Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Rokan Hilir, Basaruddin, SH.Msi, Rabu (30/1/2019) di ruang kerjanya.

Menurut Basaruddin, untuk melayani perekaman harus lakukan door to door dengan mendatangi sekolah- sekolah tingkat SMA sederajat didukung oleh perangkat desa dan kepenghuluan.

Sekolah yang didatangi, yaitu SMA 5 Teluk Bano Kecamatan Bangko Pusako, dan besok ke SMA Kecamatan Sinaboi, bahkan direncanakan akan ke SMA di Desa Pondok Kresek Tanjung Medan, untuk melayani perekaman.

“Ditargetkan jelang pesta demokrasi serentak, seluruh siswa SMA (pemilih pemula) Rokan Hilir sudah terekam, di tahun 2018 target 100 persen hanya terpenuhi 91 persen berdasarkan jumlah wajib E-KTP tersebut,” kata Basaruddin.

Dalam menghadapi pelaksanaan Pemilu tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus melakukan upaya percepatan perekaman serta pencetakan KTP elektronik.

Sebanyak 21.057 KTP-el yang terdaftar sebagai Print Ready Record (PRR) di Disdukcapil Rohil telah usai dicetak dan langsung dibagikan ke setiap kepenghuluan melalui kecamatan.

“Hari ini kita langsung melakukan pendistribusian KTP-el melalui para camat untuk diserahkan kepada masyarakat,” kata Kadisdukcapil.

Basaruddin juga mengatakan, untuk penyerahan jumlah KTP 1. 938 keping, diserahkan secara langsung oleh Wakil Bupati Rokan Hilir Jamiluddin, kepada para Datuk Penghulu melalui Camat Bangko Pusako.

“Penyerahan KTP-el ini juga guna mendukung hak konstitusional masyarakat dalam memberikan hak pilihnya pada Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang,” ucapnya.

Selain di Kecamatan Bangko Pusako, penyerahan KTP el juga dilaksanakan secara serentak di beberapa Kecamatan seperti di Kecamatan Bangko yang diserahkan oleh Kabid Dukcapil Juli Asri kepad Lurah dan Penghulu di Gedung SMPN 1.

“Di Kecamatan Tanah Putih tadi diserahkan langsung oleh pak kepala BKDSDM Roy Azlan serta di beberapa kecamatan juga kita serahkan,” terangnya.

Ia juga menyebutkan, secara keseluruhan di 15 Kecamatan yang ada di Rohil, KTP-el akan disalurkan. “Penyerahan KTP-el kepada masyarakat tersebut gratis tanpa ada pungutan biaya,” tuturnya.

Adapun jumlah KTP el yang disalurkan di 15 Kecamatan sebagai berikut. Kecamatan Kubu sebanyak 1.141, Kecamatan Bangko 2.136, Kecamatan Tanah Putih 2.403, Rimba Melintang 1.042, Bagansinembah 4.746, Pasir Limau Kapas 1.471.

Kecamatan Sinaboi 740, Pujud 2.266, Tanah Putih Tanjung Melawan 297, Bangko Pusako 1.938, Simpang Kanan 759, Batu Hampar 310, Rantau Kopar 245, Pekaitan 605 serta Kubu Babussalam sebanyak 958 KTP el. (adv).

print

Check Also

Guna Memenuhi Kebutuhan Air Bersih, Pemkab Rohil Gesa Program SPAM

ROHIL, BerkasRiau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir terus menggesa untuk melanjutkan program Sistem Penyediaan Air Minum …