Thursday , July 18 2019
Home / SosDikBud / Kapolres Kampar Lepas Festival Sampan Hias Acara Balimau Kasai 

Kapolres Kampar Lepas Festival Sampan Hias Acara Balimau Kasai 

SALO, BerkasRiau.com – Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, Minggu siang (5/5) melepas Festival Sampan Hias dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan tahun 1440-H di Kabupaten Kampar.

Pelepasan Sampan Hias ini diadakan ditepian Sungai Kampar wilayah Dusun Salo Baru Desa Ganting Kecamatan Salo, untuk pesertanya berasal dari Dinas Instansi dijajaran Pemda Kampar serta dari kelompok masyarakat.

Hadir pada saat pelepasan sampan hias ini Waka Polres Kampar Kompol B.E. Banjarnahor SIK MH, Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Supriadi serta Perwakilan Upika Kecamatan Salo, Kepala Desa Ganting beserta Warga Masyarakat yang berjumlah sekitar 250 orang.

Sebelum melepas Sampan Hias ini, Kapolres Kampar memberikan sambutannya dan menyampaikan bahwa acara ini digelar untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun 1440-H.

Lebih lanjut disampaikan Kapolres, bahwa Kabupaten Kampar yang dikenal dengan Negeri Serambi Mekahnya Riau ini masyarakatnya dikenal religius dan menjunjung tinggi adat istiadat serta tradisi.

Untuk itu mari kita sambut bulan suci Ramadhan ini dengan perasaan senang serta tekad yang kuat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Pada kesempatan ini Kapolres Kampar atas nama pribadi dan keluarga besar Polres Kampar mengucapkan selamat memasuki bulan Ramadhan tahun 1440-H, dan juga menyampaikan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat, atas segala khilaf baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam pergaulan, jelasnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Kapolres Kampar langsung melepas Sampan Hias menuju Daerah Pulau Langgini Kec. Bangkinang Kota, dengan jarak sekitar 4 KM kearah hilir dari lokasi start ini.

Acara Puncak Balimau Kasai ini diadakan di Daerah Pulau Langgini Kelurahan Langgini Kecamatan Bangkinang Kota, yang dihadiri Gubernur Riau Drs. Syamsuar MSi serta Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH dan segenap Forkopimda Kabupaten Kampar serta ribuan warga masyarakat.

Puncak acara Balimau Kasai ini ditandai dengan acara tradisi berupa penyiraman air balimau kasai oleh Gubernur Riau kepada perwakilan masyarakat, selanjutnya pada kesempatan ini Gubernur Riau juga menyerahkan santunan kepada anak yatim.

Rangkaian acara berakhir sekitar pukul 17.30 wib, walaupun diiringi hujan gerimis namun acara tradisi menyambut bulan Ramadhan di Kabupaten Kampar ini tetap berlangsung dengan meriah. (hms/rano).

print

Check Also

Menteri Pendidikan Serahkan Bantuan Rp. 449,4 Milyar untuk Kabupaten Kampar 

Bangkinang, BerkasRiau.com – Bupati Kampar Catur sugeng susanto menyambut kedatangan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI …