Thursday , April 18 2024
Home / Uncategorized / Bupati Suyatno Serahkan 10 Mesin Perontok Padi Poktan di Empat Kecamatan

Bupati Suyatno Serahkan 10 Mesin Perontok Padi Poktan di Empat Kecamatan

ROHIL, BerkasRiau.com – Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno, menyerahkan 10 unit mesin perontok padi (power tresor) bantuan dari pusat untuk sepuluh kelompok tani di Rokan Hilir, Senin (8/4/2019).

Bantuan tersebut langsung di serahkan Bupati Suyatno, di hadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Riau, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil Isa Ahmadi.

Bupati Suyatno mengatakan, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Pusat dan Pemerintah Derah kepada petani Rokan Hilir, dengan alat tersebut diharapakan dapat memudahkan pekerjaan para petani pasca panen.

“Petani tidak repot lagi, menghempas padi, cukup memasukkan padi yang sudah di arit kedalam mesin dan menghasilkan gabah besih,” papar Bupati.

Selain itu Bupati Suyatno mengharapkan kepada kelompok penerima bantuan, untuk dapat menjaga dan merawat alat tersebut dengan baik, untuk kepentingan kelompok dan masyarakat pada umumnya.

Sementra itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rohil Isa Ahmadi menjelaskan, 10 unit alat perontok padi diberikan kepada sepuluh kelompok tani tersebar untuk empat Kecamatan di Rohil. Diantaranya, Kecamatan Rimba Melintang, Sinaboi, Pekaitan dan Kecamatan Pekaitan.

“Dengan adanya alat perontok padi, petani tidak lagi bersusah payah, dapat menghemat waktu, efektif, dan efeaien,” harapnya.

Tambah Isa, melalui program serasi, untuk tanaman padi di Rokan Hilir dari IP seratus, meningkat IP dua ratus. (ton).

print