Thursday , July 18 2019
Home / Daerah / ROKAN HILIR / Cegah Pelanggaran, Bawaslu Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

Cegah Pelanggaran, Bawaslu Rohil Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu 2019

ROHIL, BerkasRiau.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kaupaten Rokan Hilir menggelar dalam rangka pengawasan pemilihan umum (pemilu) parsitipatif yang dilaksanakan, Minggu (23/12/2018) di Hotel Grand, Bagansiapiapi.

Kegiatan sosialisasi yang digelar ini tentang pengawasan pemilu anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

Ketua Bawaslu Rohil Syahyury, mengtakan, dengan mensosialisasikan kegiatan parsifipatif itu bertujuan untuk pencegahan pelanggaran dan pengawasan tahapan pelaksanaan dalam Pemilihan Umun (Pemilu) 2019.

“Kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir bersama sama berperan aktif mengawasi, agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran pada tahapan pelaksanaan pemilu 2019 ini,” Katanya.

Selain pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu, ia menginginkan pengawasan seluruh tahapan pelaksanaan. Bila adanya temuan masyarakat, menemukan pelanggaran yang dilakukan oleh para peserta pemilu dapat melaporkan ke kantor Bawaslu setempat.

“Sejauh ini tidak ada laporan dari masyarakat, belum ada temuan pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu. Kebanyakan itu temuan Bawaslu, makanya diadakan acara ini,” Tambahnya.

Dalam tahapan pelaksanaan pemilu sangat rawan terjadinya kecurangan. Terutama peserta pemilu dalam melakukan kampanye, kemudian peserta membuat apk dan bahan kampanye tersebut.

“Kami, Bawaslu khususnya kepada ormas, tokoh agama dan Lsm bersama sama agar aktif berperan membantu dalam pengawasan ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Mudah mudahan sesuai harapan kita pelaksanaan pemilu, berjalan aman, damai dan tertip,” sebut Syahyury. (ton).

print

Check Also

Pemkab Rohil Sosialisasi UU Keterbukaan Informasi Publik

ROHIL, BerkasRiau.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir menggelar sosialisasi undang undang nomor 14 tahun …