Sunday , December 16 2018
Home / Advertorial / Sukses Terapkan Kampung Iklim, Rohil Terima Penghargaan Utama Tingkat Nasional

Sukses Terapkan Kampung Iklim, Rohil Terima Penghargaan Utama Tingkat Nasional

ROHIL, BerkasRiau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau memperoleh penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) utama tahun 2018 Daerah tingkat nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI).

Penyerahan penghargaan program kampung iklim utama wilayah Sumatera kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dari Kementerian Lingkungan Hidup (LKH) di Auditorium Manggala Wanabakti KLH Jakarta.

“Penghargaan ini diberikan atas prestasi serta dukungan dalam membina wilayah Kepenghuluan/Kelurahan, Dusun, RT/RW di Kabupaten Rokan Hilir. Satu lokasi berhasil lolos mendapat penghargaan proklim utama Sumatera yakni di Dusun Cibaliung Kepenghuluan Balai Jaya Kecamatan Balai Jaya,” kata kepala Dinas DLH Rohil Suwandi, S. Sos Rabu (24/10/2018).

Ia mengaku penghargaan proklim ini secara berturut-turut diraih Pemda Rokan Hilir sejak tahun 2012 sampai 2018 dengan 9 proklim utama yakni tahun 2012. 1 lokasi Tahun 2015 1 lokasi, Tahun 2016 ada 3 lokasi, Tahun 2017. 3 lokasi dan tahun 2018 ini berhasil mendapatkan 3 lokasi.

“Keberhasilan menjadi lokasi proklim utama atas dedikasi dan dukungan dalam membina proklim ini. Penghargaan diberikan kepada Bupati Rohil yang diwakili oleh Wakil Bupati Drs Jamiludin,” jelasnya.

Selain Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, penghargaan juga diterima oleh 41 Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota se-Indonesia dan 9 Pemerintah Provinsi.

Sementara itu Wakil Bupati Jamiluddin menyampaikan, Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir memberikan apresiasi kepada pembina proklim kabupaten, selama ini perusahaan penggiat proklim yang secara terus menerus melaksanaan mitigasi adaptasi melalui proklim.

“Mudah mudahan dengan prestasi yang selama ini di peroleh akan memotibasi semua pihak dalam mengembangan proklim di masing-masing wilayah di Kabupaten Rokan Hilir,” ujarnya.

Diharapkannya dengan diterimanya piagam penghargaan proklim ini secara bertutut turut dapat memberikan motifasi kepada seluruh kepenghuluan yang ada di Rohil yang dimulai dari lingkungan rumah tangga, tingkat RT, Kepenghuluan, sekolah, kantor dan perusahaan untuk terus melakukan penghijauan serta menjaga kebersihan lingkungan.

Dengan dicanangkannya Rohil menjadi Kabupaten Adiwiyata juga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan lingkungan rumah menjadi kawasan hijau yang produktif, bernilai ekonomi, bersih serta sehat.

Hadir pada acara utusan dari Pemkab Rohil, Wakil Bupati Rohil Drs Jamiludin, Kadis DLH Suwandi S.Sos, Kabid Pengelolaan limbah B3 Ir Syaiful Anwar, Kasi peningkatan kapasitas DLH Khairul Amri serta tokoh penggiat proklim Rohil Alkahfi Sutikno. (adv).

print

Check Also

Sekda Kampar Tinjau Lokasi Pembangunan Gapura Selamat Datang di Bangkinang Kota dan Pembangunan Rest Area

BANGKINANG, BerkasRiau.com – Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Yusri, MSi tinjau lokasi …