Thursday , November 15 2018
Home / Sport & Health / Pengkab IPSI Kampar Periode 2017-2021 Dilantik

Pengkab IPSI Kampar Periode 2017-2021 Dilantik

BANGKINANG,BerkasRiau.com – Pengurus Kabupaten (Pengkab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kampar masa bhakti 2017-2021 dilantik dan dikukuhkan, Kamis (25/10/18), bertempat di pedepokan pencak silat Desa Muara Uwai Kecamatan Bangkinang.

Pengkab IPSI Kampar dilantik oleh Sekretaris Umum Pengprov IPSI Riau Drs. H. Edi Satria mewakili Ketua  Umum Pengprov IPSI Riau Irwan Nasir.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH, Pengurus Provinsi IPSI Riau, mantan Ketua Pengprov IPSI Riau Drs. H. Zulher, MS, Ketua KONI Kabupaten  Kampar Ir. H. Abdul Gaffar, Camat Bangkinang Amir Lutfi dan tamu undangan lainnya.

Usai acara pelantikan dilanjutkan dengan pelaksanaan Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat yang diikuti atlet-atlet dari perguruan yang ada di Kabupaten Kampar. Kejurkab Pencak Silat ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Wakil Bupati Kampar Catur  Sugeng Susanto, SH pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten  Kampar  mengucapan selamat kepada  Pengurus IPSI Kabupaten Kampar  yang baru dikukuhkan. “Pelantikan  ini pertanda baik untuk kemajuan pencak silat di Kabupaten Kampar,” ujarnya.

Disampaikan Wabup  personil yang duduk di kepengurusan IPSI Kabupaten Kampar yang baru dilantik  ini adalah orang-orang yang senior di pencak silat, orang-orang yang cinta dan pelaku silat sehingga mereka paham bagaimana memajukan pencak silat. “Saya yakin dengan komposisi kepengurusan ini,  akan mampu membawa pencak silat  Kabupaten Kampar yang lebih maju,” ujar Catur Sugeng yang juga pernah menjadi pengurus IPSI Kabupaten Kampar.

Menurut Wabup bahwa saat ini Kabupaten Kampar menjadi barometer perkembangan pencak silat di Provinsi Riau. Terbukti pada saat  Porprov Riau Tahun 2017 lalu Kampar juara umum cabang olahraga pencak silat. “Kita berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan bahkan ditingkat untuk masa yang akan datang,” harap Wabup.

Catur menekankan pentingnya peningkatan prestasi atlet Kabupaten Kampar. “Pemerintah  melihat dalam suatu cabang olahraga prestasi adalah nomor satu, sehebat apapun pengurus tapi kalau tidak mampu menorehkan prestasi berarti pengurus dinilai belum berhasil. Untuk itu pemerintah mendukung lahirnya atlit-atlit berprestasi, dan pengurus harus bekerja keras untuk meraih prestasi,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengkab IPSI Kabupaten Kampar M. Salim, SPd, MIP, pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus IPSI Provinsi Riau yang telah melantik dan mengukuhkan kepengurusan IPSI Kabupaten Kampar masa bhakti 2017-2021 dan juga kepada Pemerintah Kabupaten Kampar, KONI Kampar yang telah mendukung kegiatan ini. “Mudah-mudahan ini membawa berkah untuk kemajuan pencak silat Kampar,” harap Salim.

Kepada pengurus yang dilantik, Salim mengajak untuk bersama-sama membina dan membesarkan IPSI Kampar. “Pada Porprov Riau yang lalu kita (cabor pencak silat) juara umum, tentu ini berat bagi kita untuk menghadapi porprov yang akan datang dan mari jadikan prestasi ini menjadi motivasi bagi kita semua,” ujarnya.

Ditegaskan Salim tidak ada hebatnya pengurus kalau tidak diikuti dengan raihan prestasi. “Ini tugas bersama kita. Mari kita bekerja keras untuk meraih prestasi maksimal,” ajaknya.

Kepada IPSI Riau, Salim berharap agar ada pembinaan secara terus menerus kepada atlit. Termasuk juga melaksakan kejuaraan, seleksi dan sebagainya. Apalagi dalam menghadapi pra PON yang akan datang perlu ada seleksi secara matang sehingga tidak terkesan ada atlit asal kirim saja.

Dengan adanya kejurda, akan mematangkan atlit dalam menghadapi kejuaraan berikutnya. “Dengan demikian kami di Kabupaten juga punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri,” ujarnya.

Ditambahkan Salim, atlit-atlit yang berprestasi pada kejuaraan kabupaten ini akan dilakukan pembinan terus menerus untuk dipersiapkan dikejuaraan yang lebih tinggi. “Khusus bagi  atlit yang meraih juara satu dan dua akan kita panggil dan bina untuk dipersiapkan di kejuaraan berikutnya,” ujar Salim.

Sementara itu Sekretaris Umum Pengprov Riau Drs. Edi Satria  mengajak seluruh pengurus kompak  sehingga bisa melakukan pembinaan yang baik  kepada atlit  yang akhirnya menghasilkan  prestasi maksimal. “Kita harus kompak, terus lakukan pembinaan kepada atlit,  tidak ada prestasi yang didapat secara instan, semua butuh proses,” ujar Edi.

Disampaikan Edi bahwa dalam upaya meraih prestasi, salah satu langkah yang ditempuh adalah dengan  banyak berlatih,  mengadakan kejuaraan dan try out. “Kejuaraan ini untuk mengukur sejauhmana keberhasilan atlit,” ujarnya.

Edi juga melihat  sosok Salim sangat tepat memimpin IPSI Kampar  karena sudah berpengalaman dan sudah merasakan asam garamnya memimpin organisasi IPSI. Demikian juga dengan sosok wakil bupati yang juga merupakan bagian dari IPSI karena pernah jadi pengurus IPSI Kampar dan Riau.

“Mari kita dukung program Bupati dan Wakil Bupati dan mari kita tunjukkan kesungguhan kita dalam melaukan pembinaan olahraga pencak silat ini,” ajaknya.

Kepada pengurus pelatih dan atlit, Edi mengingatkan agar  selalu ingat dengan trisula pencak silat. “Mari kita tuluskan niat kita untuk membina olahraga ini, dan atlet jangan cepat berpuas diri,” ujarnya.

Acara pelantikan pengurus Pengkab IPSI Kabupaten Kampar berjalan lancar dan sukses. Usai  pelantikan dilanjutkan dengan pelaksanaa kejuaraan pencak silat se- Kabupaten Kampar yang diikuti kategori remaja dan dewasa. (oni/rano).

print

Check Also

Sekda Kampar Tambahkan Bonus Pembinaan untuk Juara IPSI Kampar 2018

Bangkinang, BerkasRiau.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri secara resmi menutup Kejuaraan Ikatan Pencak Silat …