Saturday , October 20 2018
Home / SosDikBud / Tingkatkan Literasi, MTS Kp. Panjang Gelar Workshop Penulisan Buku

Tingkatkan Literasi, MTS Kp. Panjang Gelar Workshop Penulisan Buku

KAMPAR UTARA, BerkasRiau.com – Untuk melahirkan penulis-penulis yang berkualitas dan menimbulkan minat peserta dalam kegiatan literasi, MTs Kp Panjang membuat kegiatan Workshop Penulisan Buku (Fiksi) sampai Terbit. Gerakan literasi di sekolah/madrasah ini adalah kegiatan yang diharuskan oleh pemerintah.

Kepala MTs Kp Panjang,  Nurkholis, SE mengatakan gerakan literasi ini diikuti oleh seluruh peserta didik.  “Alhamdulillah, seluruh pesertanya mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat dan antusias yang tinggi,” ujar Nurkholis, Rabu (7/3/2018).

Dia menambahkan, hasil dari gerakan literasi ini adalah berupa kumpulan puisi karya peserta didik yang akan dibukukan dan dilounching serentak se-Indonesia pada tanggal 02 Mei 2018 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Kampung Panjang, Kecamatan Kampar Utara,  Anasril, SE. Disela pembukaan tersebut, Anasril memberikan apresiasi kepada salah seorang guru MTs Kp. Panjang, yaitu Bambang Irawan, S. Pd. yang telah menerbitkan lima buku, yakni novel “Badai yang Terhempas”, kumpulan puisi “Lautan Kasih Bunda”, kumpulan puisi “Romansa Bersamamu”, kumpulan cerpen “Kampung Kemenangan”, dan Kumpulan Artikel “Menebar Literasi di Bumi Lancang Kuning”.

Selain itu, Kades Kampung Panjang tersebut mengungkapkan akan memberikan bantuan untuk kegiatan literasi di MTs Kp Panjang sebagai bukti dukungannya terhadap kegiatan tersebut.

Sementara itu,  Pemateri Workshop Bambang Irawan memberikan motivasi  kepada peserta sehingga membuat peserta menjadi lebih tertarik dalam dunia menulis.

“Menulis itu mudah, semudah kita berbicara. Kalau tidak percaya coba tuliskan apa yang Anda bicarakan,”ungkap pelatih nasional dari Ikatan Guru Indonesia itu.

Di sela-sela motivasi dari pemateri, peserta worskhop juga menyaksikan penampilan puisi dari Bapak Idrus, S. Ag. dan Dedi Rizaldi. Selain itu, peserta workshop lainnya pun turut serta menampilkan puisi karyanya masing-masing. Tidak hanya itu, guru-guru di MTs Kp. Panjang pun begitu antusias mengikuti workshop tersebut. Sebagai buktinya beberapa orang guru telah menyiapkan puisi karyanya masing-masing untuk dibukukan, seperti Idrus, S.Ag., Dedi Rizaldi, Prenti Amelia, S. Pd., Eva Sasrianti, S. Pd. I., Nurmala Sari, S. Pd., Futri Amelia, S. Pd., Asmawati, S. Pd., Tarmizi, S. H. I., Yuliya, S. Pd., dan Dra. Salma.

Sumber: auramedia.co

print

Check Also

Kabar Gembira, Disdik Pekanbaru akan Angkat Guru Honor Komite Jadi GTT

PEKANBARU, BerkasRiau.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan melakukan seleksi bagi ribuan tenaga pendidik yang nantinya …